Jepang Larang Penjualan Mobil Bensin Mulai 2030

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 03 Des 2020 16:59 WIB
Meskipun Tokyo memiliki populasi penduduk yang sangat padat, lalu lintas di sana terlihat lengang. Polusi udara pun tergolong sedikit, bahkan cenderung bersih dan sehat.
Jepang akan melarang penjualan mobil bensin. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Beberapa negara di dunia mendukung pengurangan emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Bahkan, beberapa negara bakal melarang penjualan mobil bermesin bakar. Langkah itu juga akan diikuti oleh Jepang.

Diberitakan Reuters, Jepang kemungkinan akan melarang penjualan mobil baru bermesin bensin pada pertengahan 2030. Langkah larangan mobil bermesin fosil ini untuk mendukung kendaraan hybrid atau mobil listrik.

Langkah tersebut mengikuti janji Perdana Menteri Yoshihide Suga yang pada Oktober lalu mengatakan Jepang akan memangkas emisi karbon menjadi nol pada tahun 2050.

"Kementerian Perindustrian Jepang akan memetakan rencana pada akhir tahun," kata kepala juru bicara pemerintah Katsunobu Kato pada konferensi pers.

NHK melaporkan, Kementerian Perindustrian Jepang sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan semua kendaraan baru menjadi kendaraan listrik, termasuk kendaraan hybrid.

Tindakan ini membuat produsen mobil Jepang seperti Toyota, Nissan dan lain-lain untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang lebih besar, dapat menggunakan teknologi kendaraan listrik yang telah mereka kembangkan di Jepang.

Mengenai kebijakan ini, belum ada komentar dari produsen mobil Jepang. Toyota, Honda, Nissan, dan Mitsubishi menolak berkomentar.

Boston Consulting Group dalam sebuah laporan prospek mobil listrik berbasis baterai menyebut, di Jepang pangsa pasar kendaraan listrik diperkirakan akan meningkat menjadi 55% pada 2030.

"Kecepatan perluasan pangsa kendaraan listrik akan meningkat karena fakta bahwa harga baterai turun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya," kata Boston Consulting dalam laporannya.

Langkah melarang mobil bermesin bakar ini mengikuti beberapa negara di Eropa. Sebelumnya, Inggris mengumumkan larangan penjualan mobil bensin dan diesel baru pada tahun 2030. Prancis berencana melakukannya di tahun 2040. Selain itu, Jerman, Irlandia, dan Belanda akan melarang penjualan mobil bensin dan diesel tahun 2030. Sementara Norwegia akan menjadi negara tercepat dan pertama yang berencana melakukannya di tahun 2025.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)