Minggu, 05 Jan 2020 14:11 WIB

Larangan Mobil Tua demi Bersihnya Udara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kota Barcelona. Foto: (iStock)
Barcelona - Pemerintah Barcelona mengeluarkan kebijakan ketat untuk membuat udaranya lebih bersih. Mobil berumur tua dilarang digunakan di kota tersebut.

Dilaporkan TheTimes, pemerintah setempat melarang mobil tua memasuki sebagian besar jalan. Pengemudi mobil bensin keluaran 2000 atau sebelumnya dan kendaraan diesel lansiran 2006 atau sebelumnya dilarang masuk di zona seluas 59,5 kilometer persegi dari total area 102 km persegi.



Pembatasan ini diterapkan pada hari kerja antara pukul 7 pagi hingga 8 malam. Jika ada yang tidak mematuhinya, siap-siap disemprit. Pelanggar akan dikenakan denda 100 euro sampai 150 euro.

Untuk sosialisasi karena mungkin pelanggar tidak tahu ada larangan ini, dalam tiga bulan pertama tahun 2020 mereka tidak dikenakan sanksi. Mereka akan diberitahukan soal aturan tersebut.

Untuk mengawasinya, 150 kamera yang baru dipasang siap memantau mobil tua.



Menurut kantor walikota, sekitar 50.000 kendaraan akan terpengaruh oleh kebijakan ini setiap harinya. Jumlah ini diprediksi akan meningkat mulai tahun depan, ketika truk, van, dan bus yang lebih tua tidak akan diizinkan memasuki zona rendah emisi.

Barcelona belum mampu menjaga nilai nitrogen oksida dalam batas yang diberlakukan Uni Eropa sejak 2002. Menurut laporan departemen kesehatan kota, kualitas udara yang buruk telah menyebabkan kematian 424 orang antara 2010 dan 2017.

Simak Video "Melihat Lagi Tim-tim Superior yang Keok dengan Skor Nyelekit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com