Dealer Jor-joran Kasih Diskon Akhir Tahun, Penjualan Mobil Bisa Naik?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 17:33 WIB
Ilustrasi pembelian mobil
Diskon mobil akhir tahun jadi daya tarik bagi konsumen. Akankah penjualan mobil naik? Foto: dok detikOto
Jakarta -

Akhir tahun dimanfaatkan dealer-dealer mobil untuk menawarkan mobilnya dengan diskon besar-besaran. Diskon mobil ini biasanya dimanfaatkan untuk menghabiskan stok tahun 2020 sebelum masuk ke 2021.

Pada kondisi normal, diskon mobil akhir tahun memang menaikkan penjualan. Tapi, kenaikan penjualan mobil saat diskon mobil akhir tahun tidak signifikan.

Namun, di tengah pasar yang lesu saat pandemi COVID-19, diskon mobil dipercaya bisa mendongkrak penjualan mobil. Hal itu disampaikan oleh pengamat otomotif, Bebin Djuana.

"Saya pikir dalam kondisi normal, (diskon mobil akhir tahun) itu menaikkan penjualan, tetapi tidak terlalu signifikan," kata Bebin kepada detikcom, Selasa (1/12/2020).

"Tapi perkiraan saya, di tahun 2020 seperti saat ini di mana kita sudah menderita begitu lama karena pandemi, hal seperti ini bisa menjadi trigger untuk mendongkrak penjualan yang cukup bisa dirasakan," sambung Bebin.

Sebab, Bebin melanjutkan, penjualan mobil sejak awal 2020 sudah jelek. Diskon mobil akhir tahun diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil yang anjlok karena pandemi COVID-19.

"Artinya seyogyanya dealer itu benar-benar maju perang all out memberikan servis terbaik, memberikan diskon terbaik. Nanti kita sama-sama akan melihat angkanya dari Gaikindo, berapa banyak kendaraan yang turun ke jalan (terjual ke konsumen)," sebut Bebin.

Bebin mengatakan akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk membeli mobil jika Anda tidak mempertimbangkan harga jual kembali nanti dalam kondisi bekasnya.

"Memang kalau dipikir dengan sisa waktu yang tinggal satu bulan, ini kan cukup menjadi perhitungan jika Anda memperhitungkan harga jual kembali. Karena biar bagaimanapun kendaraan yang Anda beli sekarang, akan dicantumkan tahun 2020. Sementara sebentar lagi kita sudah nyebrang ke 2021. Tetapi kalau memang kebutuhan untuk memiliki kendaraan itu sudah mendesak, kenapa tidak (membeli mobil di akhir tahun saat banyak diskon)?" kata Bebin.

Sebab, Bebin menegaskan lagi bahwa akhir tahun harga mobil yang ditawarkan dealer-dealer cukup menggiurkan. Momen akhir tahun ini, kata Bebin, menjadi win-win solution bagi dealer maupun konsumen.

"Win untuk penjual karena dealer-dealer harus memikirkan menghabiskan stok 2020, sementara pembeli/pemakai itu mendapatkan kendaraan dengan harga yang menarik. Kedua belah pihak sebetulnya diuntungkan," ujar Bebin.

Saat-saat ini juga menjadi momen yang tepat untuk membeli mobil jika Anda memiliki rencana bepergian akhir tahun. Bebin menyarankan, jika sudah memiliki rencana bepergian dengan mobil baru, segera putuskan dan jangan menunda pembelian.

"Karena supaya keburu STNK selesai. Jangan menunda-nunda, jangan ragu, karena kita berkejaran dengan waktu. Kalau nanti misalnya diputuskan setelah tanggal 15, nggak keburu STNK keluar. Akhirnya mau pergi (akhir tahun) sewa mobil lagi," sebut Bebin.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)