Nih Cara Nego Diskon Mobil Akhir Tahun, Supaya Dapat Harga Murah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 14:54 WIB
Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliat
Akhir tahun dealer biasanya memberikan diskon mobil besar-besaran. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Akhir tahun menjadi kesempatan bagi Anda yang ingin berburu mobil dengan harga lebih murah. Sebab, diskon akhir tahun dari dealer biasanya besar. Di akhir tahun, dealer bisa memberikan potongan harga hingga puluhan juta rupiah.

Dealer biasanya memberikan diskon mobil akhir tahun untuk menghabiskan stok tahun 2020 sebelum masuk 2021. Besaran diskon mobil akhir tahun memang tidak bisa dipastikan. Menurut pengamat otomotif Bebin Djuana, itu dikembalikan ke masing-masing dealer merek otomotif dalam menentukan diskon mobilnya.

"Ini kan ngomong jujurnya dengan kondisi kepepetnya masing-masing. Kepepetnya maksudnya gini, misalnya merek A model B, stoknya masih banyak sekali pasti dia akan potong besar. Berapa besarnya kita nggak tahu, itu kan kebijakan masing-masing," kata Bebin kepada detikOto, Selasa (1/12/2020).

"Terus merek yang sama, modelnya model C, di dealer tersebut stoknya tinggal 5, mungkin dia akan memiliki pertimbangan kasih diskon sekian saja lah (lebih kecil)," sambungnya.

Bebin melihat, momen akhir tahun ketika dealer menghabiskan stok tahun 2020 menjadi kesempatan untuk konsumen melakukan tawar-menawar diskon harga mobil. Apalagi jika dealer mobil tersebut masih memiliki stok banyak, diskon yang diberikan bisa besar.

"Dalam hal ini sebagai pembeli ya ini kesempatannya-lah untuk bargaining (tawar-menawar diskon mobil). Karena ngomong jujur bargaining power ada di konsumen, di akhir tahun bargaining power ada di konsumen," ujar Bebin.

"Jadi jangan terlalu mengikuti ritmenya salesman. Biar salesman yang mengikuti ritme Anda."

Tapi, bukan berarti Anda bisa menawar diskon mobil secara sadis. Kalau menawar diskon mobil tidak wajar, sudah pasti akan ditolak.

"Di situlah seninya bargaining, tawar-menawar. Anda bisa saja tawar (diskon mobil), (dealer) mau (kasih) nggak. Kalau nggak mau, saya (konsumen) pindah ke dealer lain, misalnya. Kan yang jualan mobil merek A tipe B ini kan nggak cuma situ," ujar Bebin.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)