Berburu Diskon Mobil buat Liburan Tahun Baru, Pastikan STNK Jadi Tepat Waktu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 11:16 WIB
Salah satu diler mobil Toyota di Indonesia, Auto2000 meresmikan diler di kawasan bintang Jakarta, Jalan Sudirman. Diler ini boleh jadi merupakan yang termewah di Indonesia.
Akhir tahun jadi saat tepat membeli mobil dengan harga lebih murah. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Akhir tahun ini dianggap menjadi waktu yang tepat untuk membeli mobil dengan harga yang lebih murah. Sebab, dealer-dealer mobil biasanya jor-joran memberikan diskon mobil di akhir tahun.

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, saat ini menjadi waktu yang tepat untuk membeli mobil jika Anda tidak mempertimbangkan harga jual kembali nanti dalam kondisi bekasnya nanti. Terlebih, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru untuk bepergian di akhir tahun, saat ini menjadi momen yang tepat mengingat banyak diskon mobil akhir tahun.

Bebin menyarankan, jika sudah memiliki rencana bepergian dengan mobil baru, segera putuskan dan jangan menunda pembelian. Sebab, mobil baru yang dibeli saat ini harus diurusi surat-surat kendaraannya.

"Karena supaya keburu STNK selesai. Jangan menunda-nunda, jangan ragu, karena kita berkejaran dengan waktu. Kalau nanti misalnya diputuskan setelah tanggal 15, nggak keburu STNK keluar. Akhirnya mau pergi (akhir tahun) sewa mobil lagi," kata Bebin kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (1/12/2020).

Jika Anda mengincar mobil baru untuk dipakai akhir tahun, Bebin menyarankan agar memastikan kepada pihak dealer kapan kira-kira STNK jadi. Bebin juga mewanti-wanti jangan asal percaya dengan janji manis tenaga penjual.

"Biasanya salesman kan mulutnya manis, walaupun STNK tidak keburu selesai tapi supaya SPK (surat pemesanan kendaraan) ditandatangani dia bilang pasti bisa selesai. Nanti kalau SPK sudah ditandatangani ngumpet dia. Ini udah bukan rahasia lagi petak umpat dengan sales. Saya mengatakan memang tidak semuanya seperti itu. Salesman yang berkualitas tidak ngumpet," sebut Bebin.

Makanya, sebelum menandatangani SPK, Bebin menyarankan kalau bisa temui langsung kepala cabang atau pimpinan dealer. Itu untuk memastikan kapan STNK jadi sehingga jika Anda memiliki rencana perjalanan akhir tahun bisa tenang.

"Itu kalau memang anda butuhkan (untuk perjalanan akhir tahun). Kalau memang Anda tidak membutuhkan (buru-buru) ya tidak apa-apa," katanya.

"Jadi perlu dipastikan (kapan STNK jadi), atau mendapat pinjaman nomor sementara (untuk dipakai akhir tahun). Sementara STNK belum jadi, dipinjami nomor sementara. Bisa alternatif seperti itu. Tergantung dealernya, mau mengusahakan atau nggak. Tpai maksud saya harus jelas, sanggup atau tidak sanggup," tukas Bebin.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)