Akhir Tahun Diskon Mobil Sampai Puluhan Juta, Waktu yang Tepat Buat Beli

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 10:18 WIB
Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliat
Akhir tahun jadi momen tepat membeli mobil karena diskonnya besar. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Akhir tahun biasanya dealer-dealer mobil jor-joran memberikan potongan harga untuk mobil yang dijualnya. Tak tanggung-tanggung, diskon mobil hingga puluhan juta rupiah ditawarkan kepada pembeli di akhir tahun ini.

Sebab, biasanya dealer-dealer ingin menghabiskan stok mobil buatan tahun 2020 sebelum masuk tahun 2021. Dengan strategi menghabiskan stok itu, diskon mobil menjadi penawaran menarik bagi konsumen.

Menurut pengamat otomotif Bebin Djuana, akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk membeli mobil jika Anda tidak mempertimbangkan harga jual kembali nanti dalam kondisi bekasnya. Sebab, biar bagaimanapun mobil yang didiskon akhir tahun ini adalah mobil dengan kode produksi tahun 2020 sehingga ketika dijual lagi nantinya harganya akan berbeda dengan mobil produksi 2021.

"Memang kalau dipikir dengan sisa waktu yang tinggal satu bulan, ini kan cukup menjadi perhitungan jika Anda memperhitungkan harga jual kembali. Karena biar bagaimanapun kendaraan yang Anda beli sekarang, akan dicantumkan tahun 2020. Sementara sebentar lagi kita sudah nyeberang ke 2021. Tetapi kalau memang kebutuhan untuk memiliki kendaraan itu sudah mendesak, kenapa tidak (membeli mobil di akhir tahun saat banyak diskon)?" kata Bebin kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (1/12/2020).

Sebab, Bebin menegaskan lagi bahwa akhir tahun harga mobil yang ditawarkan dealer-dealer cukup menggiurkan. Momen akhir tahun ini, kata Bebin, menjadi win-win solution bagi dealer maupun konsumen.

"Win untuk penjual karena dealer-dealer harus memikirkan menghabiskan stok 2020, sementara pembeli/pemakai itu mendapatkan kendaraan dengan harga yang menarik. Kedua belah pihak sebetulnya diuntungkan," ujar Bebin.

"Dan khusus untuk tahun ini mungkin pilihan juga akan banyak. Pilihan mulai dari standard model, medium, atau top of the class. Kemudian mengenai warna. Jika pembeli mempunyai keinginan untuk memilih warna tertentu besar kemungkinan bisa mendapatkan warna yang diinginkan. Dalam kondisi normal kan belum tentu. Kondisinya sangat berbeda antara normal dan saat ini."

Saat-saat ini juga menjadi momen yang tepat untuk membeli mobil jika Anda memiliki rencana bepergian akhir tahun ditambah banyak diskon mobil. Bebin menyarankan, jika sudah memiliki rencana bepergian dengan mobil baru, segera putuskan dan jangan menunda pembelian.

"Karena supaya keburu STNK selesai. Jangan menunda-nunda, jangan ragu, karena kita berkejaran dengan waktu. Kalau nanti misalnya diputuskan setelah tanggal 15, nggak keburu STNK keluar. Akhirnya mau pergi (akhir tahun) sewa mobil lagi," sebut Bebin.



Simak Video "Alasan Pengunjung Datang di Hari Terakhir GIIAS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)