Spesifikasi Lexus UX 300e, Mobil Listrik Seharga Rp 1,2 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 16:59 WIB
Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Lexus
Mobil listrik Lexus UX 300e. (Dok. Lexus)
Jakarta -

Setelah mengaspal di China akhir 2019 dan di Eropa awal 2020, Lexus UX 300e akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. Mobil listrik Lexus bertenaga full baterai ini bakal dijual dengan estimasi harga Rp 1,245 miliar. Seperti apa spesifikasinya?

Bicara tampilan, Lexus UX 300e memiliki desain eksterior yang identik dengan varian bermesin bensin. Untuk membedakan dengan varian mesin bensin, Lexus UX 300e dibekali logo Lexus dengan garis pinggir warna biru dan emblem bertuliskan 'electric' yang disematkan di kedua sisi bodi.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur exterior khas Lexus UX seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.

Mobil listrik Lexus resmi diluncurkan di IndonesiaMobil listrik Lexus resmi diluncurkan di Indonesia Foto: Screenshot Youtube Lexus Indonesia

Sementara dari aspek dapur pacu, Lexus UX 300e menggunakan motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi puncak 300 Nm. Baterai listrik yang diletakkan di lantai, diklaim Lexus bisa memberikan center of gravity yang baik, sehingga mobil akan makin stabil.

Untuk penyuplai daya, mobil listrik ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, yang bisa bertahan untuk menempuh jarak 300 km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Dalam setiap pembelian Lexus UX 300e, konsumen bakal mendapatkan AC Wall Charger (panel pengisian daya) secara gratis dengan jaminan garansi 2 tahun. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan sebuah household socket charging cable, yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Dari hasil pengetesan internal, pengisian daya baterai Lexus UX 300e menggunakan AC wall charger membutuhkan waktu sekitar 5 - 6 jam. Namun, jika butuh pengisian lebih cepat, dapat dilakukan pengisian daya di SPKLU dalam waktu hanya sekitar 50 menit. Dan jika menggunakan charger darurat atau cadangan, pengisian daya bisa memakan waktu hingga 19 jam.

Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama LexusLexus UX 300e, mobil listrik pertama Lexus Foto: Dok. Lexus

Fitur dan Teknologi

Lexus UX 300e juga menawarkan berbagai fitur yang memberi kemudahan bagi penumpangnya. Salah satunya adalah Power Back Door with Kick Sensor, untuk membuka dan menutup bagasi hanya dengan gerakan kaki.

Geser ke bagian interior, ada Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai di kaca depan sisi pengemudi. Mobil ini juga sudah memakai Electronic Drive Selector untuk pengalaman mengemudi mobil layaknya sebuah Lexus flagship.

Kenyamanan dan kemudahan berkendara juga disiapkan lengkap untuk penumpang. Tersemat integrasi audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest untuk memudahkan kontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3" Center Display. Perangkat multimedia telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto penunjang berkendara.

Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama LexusInterior Lexus UX 300e Foto: Dok. Lexus

Fitur Safety

Lexus UX 300e dibekali banyak fitur penunjang keselamatan, seperti 8 SRS airbags untuk keselamatan pengemudi dan penumpang, Blind Spot Monitor berupa indikator di kaca spion ketika ada objek di sudut yang tak terlihat, Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Tidak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Sebagai mobil listrik pertama dari Lexus, khusus untuk Lexus UX 300e Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang juga mencakup perlindungan baterai. Selain itu, Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 tahun gratis servis dan suku cadang tanpa batas kilometer.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)