Mobil Listrik Pertama Lexus UX 300e Meluncur di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 15:01 WIB
Mobil listrik Lexus resmi diluncurkan di Indonesia
Mobil listrik Lexus resmi meluncur di Indonesia. Foto: Screenshot Youtube Lexus Indonesia
Jakarta -

Lexus Indonesia resmi memboyong mobil listrik pertama mereka ke Tanah Air. Mobil listrik Lexus ini mengusung desain compact crossover SUV, dan diberi nama Lexus UX 300e.

Menjelang akhir tahun 2020, gelombang kedatangan mobil listrik di Indonesia tampaknya belum usai. Setelah awal November lalu Hyundai merilis dua tipe mobil listrik, sedan Ioniq dan Kona Electric, sekarang giliran pabrikan Lexus yang memperkenalkan mobil listrik pertama mereka ke Indonesia.

Lexus sendiri merupakan brand mewah yang menjadi anak perusahaan grup Toyota, selain Toyota dan Daihatsu. Kehadiran Lexus UX 300e di Indonesia juga bisa disebut mobil listrik pertama grup Toyota yang dijual resmi di Indonesia.

"Hari ini era baru dimulai, kami memperkenalkan Lexus electrified, Lexus UX 300e," ujar Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, dalam peluncuran virtual Lexus UX 300e di kanal Youtube Lexus Indonesia, Rabu (25/11/2020).

Lexus UX 300eLexus UX 300e Foto: Dok. Toyota Indonesia

Bicara spesifikasi, Lexus UX 300e memiliki desain eksterior yang identik dengan varian Lexus UX 300 bermesin bensin. Untuk membedakan dengan varian mesin bensin, Lexus UX 300e dibekali logo Lexus dengan warna dasar biru dan emblem bertuliskan 'electric' yang disematkan di kedua sisi bodi.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur exterior khas Lexus UX seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.

Dari segi jantung pacu, Lexus UX 300e menggunakan motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi puncak 300 Nm.

Sebagai penyuplai daya, mobil listrik ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, yang bisa bertahan untuk menempuh jarak 300 km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Lexus UX 300eLexus UX 300e Foto: Dok. Toyota Indonesia

Lexus UX 300e memiliki dua output pengisian daya listrik, yakni AC dan DC. Untuk pengisian daya baterai menggunakan AC wall charger butuh waktu 5-6 jam. Sementara untuk pengisian menggunakan output DC yang memiliki fitur fast charging, dapat dilakukan di SPKLU dalam waktu hanya 50 menit.

Dari segi keamanan, mobil listrik yang diimpor utuh dari Jepang ini telah dilengkapi 8 SRS Airbags, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor, dan juga All-Around Parking Sensors.

Tidak hanya itu, Lexus UX 300e sudah dilengkapi dengan Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety Lexus yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan.

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Adaptive High Beam System (AHS).

Sebagai mobil listrik pertama dari Lexus, khusus untuk Lexus UX 300e Lexus Indonesia menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang mencakup perlindungan baterai. Selain itu, konsumen Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 tahun gratis servis dan suku cadang tanpa batas kilometer untuk kenyamanan para pelanggan.

"Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts," kata General Manager Lexus Indonesia, Meinisa.



Simak Video "Lexus UX 300e Ikut Setrum Dunia Mobil Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)