Toyota COMS, Mobil Listrik Mungil Bakal Wara-Wiri di Bali Tahun Depan

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 24 Nov 2020 12:26 WIB
Toyota Coms
Toyota Coms, mobil listrik mungil yang akan wara-wiri di Bali. Foto: Toyota Eropa
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) akan mengenalkan mobil listrik mungil battery electric vehicles (BEV) Coms di Nusa Dua, Bali pada 2021. Ini jadi tujuan Toyota mengenalkan mobil listrik ke seluruh lapisan masyarakat.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy mengkonfirmasi jika Toyota Coms akan dipersiapkan untuk agenda Eco Tourism di Nusa Dua, Bali, bersama mobil listrik Toyota lainnya.

"Ada COMS 1 seater dan Prius PHEV. Kita pelajari terus untuk next nya apa ada model lain yang bisa masuk," kata Anton saat dihubungi detikcom, Selasa (24/11/2020).

Seperti diketahui mobil listrik saat ini belum memiliki harga yang terjangkau. PT TAM memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk semakin terbiasa dan kenal dengan teknologi tersebut.

TAM bekerja sama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali.

"Kita bekerja sama dengan ITDC Nusa Dua Bali dan beberapa pihak lain untuk mendukung tourism Indonesia, dan juga menyediakan mobilitas yang terintegrasi, jadi tidak hanya mobilnya tapi juga semacam aplikasi system ability yang bisa digunakan untuk personal BEV," kata Anton.

"TIdak hanya menyediakan kendaraan BEV di Nusa Dua, kami juga menyiapkan sistem-sistem yang memudahkan turis maupun warga Bali untuk menggunakan layanan ini," sambungnya.

Ini menjadi strategi Toyota untuk mengenalkan mobil listrik BEV. Pendekatan yang sama juga digunakan dengan menyediakan teknologi PHEV untuk kendaraan Fleet Taxi, di mana harapannya semakin banyak lagi orang yang dapat merasakan pengalaman dengan kendaraan elektrifikasi.

Toyota ComsToyota Coms Foto: Toyota Eropa

Toyota Coms

Sedikit tentang Toyota Coms, desain mobil ini mengingatkan dengan i-Road yang pernah dipamerkan pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2020. Bedanya i-Road menggunakan tiga roda, sedangkan Toyota Coms selayaknya mobil konvensional menggunakan empat roda.

Toyota Indonesia turut tampilkan beragam kendaraan elektrifikasi di Indonesia Electric Motor Show 2019. Penasaran apa saja kendaraan yang ditampilkan? Lihat yuk.Toyota i-Road yang dipamerkan dalam ajang IEMS 2019 Foto: Dok. Toyota Indonesia

Mengutip laman Toyota Eropa, Coms merupakan produksi Toyota Auto Body. Mobil ringkas berkapasitas satu orang ini dibekali baterai timbal asam konvensional (lead battery) dengan jarak tempuh 50 kilometer untuk sekali pengisian. Pengembangan mobil listrik mungil ini cocok untuk aktivitas pemakaian dalam kota.

Apakah mobil mungil ini akan dilepas ke publik juga tahun depan? "detailnya nanti ya," ungkap Anton.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)