Top Speed Toyota GR Yaris Terungkap, Bisa Ngebut Hingga 230 km/jam

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 23 Nov 2020 07:54 WIB
Toyota GR Yaris Black
Toyota GR Yaris Black. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota GR Yaris merupakan salah satu produk mobil sport Toyota yang lahir dari ajang balap World Rally Championship (WRC). Jadi jangan heran jika mobil hatchback ini punya tenaga besar dan bisa ngebut di jalanan. Baru-baru ini seorang pengendara Toyota GR Yaris memamerkan kecepatan maksimum yang bisa diraih mobil sport buatan Jepang itu.

Seperti tampak dalam video yang diunggah Youtube AizenZ33, pada 10 November 2020, memperlihatkan momen ketika Toyota GR Yaris sedang melakukan pengujian akselerasi dan top speed.

[Gambas:Youtube]

Dalam video berdurasi 2 menit 45 detik itu, GR Yaris bisa meraih kecepatan maksimum hingga 230 km/jam (143 mph). Sayangnya, jarum di speedometer tampak tidak bisa bergerak lagi melebihi angka 230 km/jam. Diduga, pihak Toyota telah membatasi kecepatan maksimum GR Yaris, melalui ubahan di sistem elektronik.

Dilansir dari Autoevolution, dengan performa mesin seperti itu, Toyota Yaris versi balap ini berpotensi mengalahkan para pesaingnya, seperti Volkswagen Polo GTI, Renault Clio RS, dan Ford Fiesta ST. GR Yaris bahkan bisa mengalahkan mobil yang speknya lebih tinggi seperti Megane RS, Golf GTI, dan Focus ST.

Toyota GR Yaris 2020Toyota GR Yaris 2020 Foto: Toyota

Sebagai informasi, Toyota GR Yaris dipasarkan dalam dua pilihan, yakni First Edition dan High-Performance First Edition. Tipe First Edition dibanderol Rp 498 juta, sedangkan tipe High-performance First Edition harganya setara Rp 574 juta.

Varian tertinggi GR Yaris dibekali mesin tipe G16E-GTS 1.618 cc turbo, direct injection, 3 silinder DOHC, yang bisa memuntahkan tenaga puncak 200 kW dan torsi 370 Nm. Mesin itu disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan, dengan sistem penggerak 4WD.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)