Hyundai Ioniq dan Kona Bisa Dicas di Rumah, Butuh Waktu 17 dan 19 Jam

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 07 Nov 2020 09:54 WIB
Hyundai Kona Electric
Hyundai Kona Electric (Hyundai)
Jakarta -

Hyundai Ioniq dan Kona Electric bisa tembus ratusan kilometer sekali isi penuh daya baterainya. Kemudahan lain yang ditawarkan pabrikan negeri gingseng ini, yakni mobil bisa dicas dari colokan rumah menggunakan portable charger.

Lalu kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dari titik nol hingga 100 persen?

Powertrain dari Ioniq Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Jarak tempuh IONIQ Electric mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup pemilik. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Dijelaskan Bonar Pakpahan, selaku Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), dalam press conference virtual, Jumat (6/11/2020), untuk pengecasan di rumah memang perlu waktu lebih lama.

"Untuk Ioniq Electric berdasarkan data pengecasan itu membutuhkan waktu kurang lebih 17 jam 30 menit dengan menggunakan portable charger yang dihubungkan ke steker rumah," ungkap Bonar.

Sedangkan Hyundai Kona Electric dibekali baterai lebih besar, yakni lithium ion 39,2 kWh. Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

"Sementara untuk Kona Electric karena kapasitas baterai lebih besar 38.3 kWH untuk Ioniq, vs 39,2 kWH untuk Kona makanya dibutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 19 jam. Ini dengan kondisi dari nol sampai dengan 100 persen." ungkap Bonar.

Setiap pemesanan Ioniq Electric dan Kona Electric hingga 31 Desember 2020 akan mendapatkan gratis AC Charger beserta instalasinya (syarat dan ketentuan berlaku). Tak hanya itu, Hyundai Motors Indonesia juga memberi garansi 8 tahun/160,000 km (salah satu yang tercapai lebih dulu).



Simak Video "IONIQ Electric Car, Mobil Listrik Hyundai yang Banyak Plusnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)