Hyundai Kona Electric Riilis di Indonesia: Ini Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 07 Nov 2020 07:21 WIB
Hyundai Kona Electric
Hyundai Kona Electric Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Kona Electric menjalani debut di Indonesia, Jumat (6/11). Mobil listrik bergaya Sport Utility Vehicles (SUV) ini dibanderol Rp 674 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Oke, bagaimana spesifikasi mobil listrik murni asal negeri gingseng ini?

Desain

Hyundai Kona Electric punya bentuk dan kontur sporty layaknya SUV Crossover namun futuristis. Pada bagian muka berkat grill menutup, dengan lampu khas unik yang berasal dari lampu depan LED ke Day Running Light (DRL), yang jadi ciri khas mobil listrik Hyundai.

Sementara pada bagian kaki-kaki, Hyundai Kona Electric ini menggunakan pelek dengan desain palang minim lubang berukuran 17 inch, yang menambah padu konsep mobil dari listrik ini.

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Interior

Hyundai Kona Electric juga menerapkan sistem Shift-by-wire, yang menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir, juga melalui sebuah tombol.

Kesan modern juga terpancar lewat sistem Heads-Up Display yang tersedia pada Kone Electric, gambar virtual ke panel transparan yang dipasang di belakang panel instrumen, yang membantu pengemudi untuk tetap memperhatikan jalan. Dengan ukuran gambar proyeksi delapan inci yang jelas dan pencahayaan yang luar biasa, sistem tampilan heads-up memberikan visibilitas siang dan malam yang sangat baik.

Dimensi

Tak perlu ragu untuk diajak berpergian dengan barang bawaan banyak. Keunggulan Hyundai Kona Electric lainnya ialah Split-folding rear seats, bangku baris kedua dapat dilipat rata sehingga menghasilkan ruang vertikal tambahan dan memberikan ruang untuk peralatan rekreasi yang dapat menampung hingga 1,114 liter.

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Secara dimensi Hyundai Kona Electric ini mempunyai ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Selayaknya mobil crossover, Hyundai Kona Electric ini punya ground clearance sebesar 158 mm.

Fitur-fitur Keselamatan

Kona Electric dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Baterai dan performa Hyundai Kona Elektrik

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan menumpahkan torsi 395Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

Harga dan varian Hyundai Kona Elektric

KONA Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red, dengan harga Rp 674.800.000 (OTR Jakarta dan untuk kepemilikan mobil pertama).



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)