Hyundai Kona dan Ioniq Listrik Resmi Meluncur di RI, Harga Mulai Rp 624,8 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 14:55 WIB
Ototest Hyundai Ioniq
Hyundai Ioniq dan Kona Electric resmi meluncur di Indonesia (Muhammad Zaky Fauzi Azhar)
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia meluncurkan dua mobil listrik sekaligus di Indonesia, yakni Ioniq dan Kona. Peluncuran mobil listrik murni pertama di Indonesia saat ini berlangsung secara virtual pada Jumat (6/11/2020).

"Selamat datang di peluncuran mobil listrik pertama di Indonesia," Presiden Director Hyundai Motor Indonesia Sung Jong Ha dalam peluncuran virtual Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Listrik, Jumat (6/11/2020)

"Dengan senang hati kami perkenalkan dua mobil listrik murni dari Hyundai yang akan menjadi solusi di masa depan bagi mereka yang selalu ingin menjadi yang terdepan dalam Inovasi. Kami berkomitmen untuk memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, berkontribusi pada kualitas hidup masyarakatdan menjadi 'Game Changer dalam teknologi mobilitas ramah lingkungan, Indonesia kami persembahkan Ioniq Electric dan Kona Electric," sambungnya.

Ioniq Electric sebelumnya sudah dikenalkan ke publik Indonesia pada awal tahun ini melalui kerja sama dengan Grab Indonesia. Sebanyak 20 unit Ioniq Electric dijadikan taksi online di Bandara Soekarno-Hatta. Sebelumnya detikcom mendapat kesempatan untuk mencoba langsung Hyundai Ioniq tersebut.

Sensasi mengendarai mobil listrik ini sungguh berbeda. Ya, sebagai mobil listrik tentunya salah satu yang diunggulkan adalah torsi instan. Saat gas dibejek, mobil langsung merespons dengan cepat. Akselerasi ke kecepatan tinggi pun tak butuh waktu yang lama. Apalagi jika Anda menggunakan mode sport.

Ototest Hyundai IoniqHyundai Ioniq Electric Foto: Rangga Rahadiansyah

Hyundai Ioniq mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 10,2 detik dengan mode normal atau 9,9 detik untuk mode sport. Kecepatan tertinggi bisa dicapai hingga 165 km/jam.

Tenaga listrik Hyundai Ioniq Electric disuplai oleh baterai lithium-ion polymer. Kapasitas baterainya 38,3 kWh. Sekali ngecas penuh, Hyundai Ioniq Electric bisa menempuh jarak hingga lebih dari 300 km.

[Gambas:Youtube]



Sedangkan mobil kedua ialah Kona Electric, Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur membocorkan salah satu ketangguhan Kon ialah akselerasi yang mumpuni mencapai 365 Nm. Sedangkan kapasitas baterainya 39,2 kWh dengan jarak tempuh hingga 345 km.

"Kami ingin memberikan solusi untuk mobilitas ramah lingkungan di Indonesia dengan menghadirkan mobil listrik kami. Mobilitas ramah lingkungan, mobilitas masa depan adalah mobil listrik. Masa depan itu sekarang saatnya, antusias masyarakat Indonesia akan kehadiran mobil listrik tidak kalah dengan negara luar, untuk itu kami ingin membuktikannya mobil listrik yang ramah lingkungan," kata Makmur dalam kesempatan yang sama.

Hyundai Kona EVHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Sementara soal harga, Kona Electric dibanderol Rp 674,8 juta, tersedia dalam empat pilihan warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red. Sedangkan Ioniq Electric, ada dua tipe, yakni Prime Rp 624,8 juta dan Signature Rp 664,8 juta. Selain itu Hyundai Kona juga tersedia empat pilihan warna Polar White, Fluidic Metal, Panthom Black, dan Fiery Red.

Harga tersebut termasuk free maintenance selama 5 tahun atau 75.000 km mana yang tercapai lebih dulu. Selain itu, Hyundai juga memberikan program garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dulu.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)