Seharga Rp 600 Jutaan, Siapa Pembeli Mobil Listrik Hyundai di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 18:39 WIB
Hyundai Kona EV
Hyundai Kona Electric Vehicles Foto: Hyundai
Jakarta -

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi merilis dua mobil listrik murni baterai ke pasar Indonesia. Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric dilego ke pasar dengan banderol Rp 600 jutaan.

Berkaca dari penjualan otomotif di Indonesia, harga Rp 250 juta ke bawah saat ini punya ragam model, mulai dari Low SUV, Low MPV, dan Low Cost Green Car (LCGC). Tak lupa di segmen itu juga menyediakan opsi kapasitas tujuh penumpang.

Sementara model Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) atau mobil listrik di Indonesia saat ini masih terbatas. Harganya pun dibanderol Rp 500 jutaan ke atas. Lalu siapa target pasar mobil Hyundai saat ini?

Ototest Hyundai IoniqHyundai Ioniq Foto: Rangga Rahadiansyah

"Kami tentunya ingin semua orang merasakan sensasi kendaraan listrik, karena itu Hyundai hadir memberikan dua opsi kendaraan listrik yang saat ini sangat kompetitif," ujar General Manager Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Astrid Ariani Wijana saat konferensi pers virtual, Jumat (6/11).

Untuk saat ini, Hyundai lewat dua produknya itu ingin mengenalkan teknologi terbarukan. Menyasar kepada orang-orang yang pertama kali mengadaptasi trend, dan haus akan teknologi.

"Target pasar menurut saya tidak terbatas pada usia maupun pada market. Tapi lebih kepada untuk meraih mereka yang punya pandangan maju, haus akan teknologi, dan tentunya mereka tidak takut untuk mencoba maju ke sisi teknologi terkini yaitu mendapatkan pengalaman berkendara bebas emisi dengan kendaraan listrik," kata Astrid.

Hyundai Kona ListrikHyundai Kona Listrik Foto: Motor1

"Jadi menurut saya terbuka sekali peluang untuk arah konsumen yang bisa merasakan kendaraan listrik, dan tentunya kami pun sudah banyak sekali melakukan cara untuk memberikan pengalaman berkendara ini, kemudian juga memberikan edukasi yang dibutuhkan sehingga para konsumen Indonesia juga yakin untuk mencoba kendaraan listrik dari Hyundai," jelasnya.

Kona Electric dibanderol Rp 674,8 juta, tersedia dalam empat pilihan warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red. Sedangkan Ioniq Electric, ada dua tipe, yakni Prime Rp 624,8 juta dan Signature Rp 664,8 juta. Selain itu Hyundai Kona juga tersedia empat pilihan warna Polar White, Fluidic Metal, Panthom Black, dan Fiery Red.



Simak Video "Nge-tes Iritnya Kona Electric Facelift"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)