Kurang Diminati, Honda NSX Bakal Dibikin Jadi Mobil SUV

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 27 Okt 2020 19:01 WIB
Rendering Honda NSX SUV
Rendering Honda NSX SUV. Foto: Best Car Web
Jakarta -

Mobil sport Honda NSX kurang begitu diminati di pasaran. Penjualan Honda NSX bahkan telah dihentikan di Australia, karena hanya laku 9 unit sejak mobil ini dirilis pada 2016. Supaya bisa diterima konsumen, Honda pun berencana mengembangkan NSX menjadi sebuah mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Seperti dikutip dari Best Car Web, Honda dikabarkan bakal membuat SUV sport, dengan menggunakan banyak teknologi dari NSX. Mobil ini nantinya bakal diproyeksikan untuk menjadi lawan Lamborghini Urus.

Tentunya butuh dilakukan banyak penyesuaian untuk mengubah Honda NSX dari mobil sedan coupe dua pintu menjadi mobil SUV yang punya ground clearance tinggi, dengan konfigurasi empat pintu.

Honda melakukan penyegaran pada mobil super Honda NSX. Mobil yang juga disebut sebagai Acura NSX di Amerika itu kini lebih keren dengan warna mencolok oranye.Honda NSX Foto: Dok. Honda

Dari segi layout mesin misalnya, jika pada versi sedan, jantung pacunya diletakkan di tengah (mid-engine), maka untuk versi SUV mesinnya diletakkan di depan. Dari segi penggerak, Honda NSX SUV akan menggunakan roda penggerak belakang, dikombinasi motor listrik dan hub motor untuk membuatnya menjadi kendaraan all-wheel-drive.

Sebagai informasi, mesin Honda NSX mengusung kapasitas V6 twin-turbo 3,5 liter, yang bisa menghasilkan output tenaga maksimum 427 kW dan torsi puncak 646 Nm.

Proyek NSX versi SUV diperkirakan masih dalam tahap perencanaan awal. Paling cepat, mobil ini akan diluncurkan pada tahun 2025 mendatang.

- Terpaan angin makin kuat siang itu di Vallelunga, Italia, Sabtu (17/11/2018). Sangarnya suara Lamborghini yang sahut-sahutan di area sirkuit pun tak lantas membuat pengunjung terhangatkan. Begitu juga dengan detikOto yang menghadiri perhelatan Super Trofeo 2018 World Final bersama Pertamina.Lamborghini Urus Foto: Ruly Kurniawan

Bicara mobil SUV sport, pasarnya memang cukup menggiurkan. Karena alasan itu pula Lamborghini rela 'mengorbankan' harga dirinya sebagai produsen mobil sedan, dengan memproduksi SUV Urus.

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Sejak dua tahun lalu diperkenalkan, penjualan Lamborghini Urus sudah tembus 10 ribu unit. Angka yang cukup besar untuk mobil SUV premium, dengan harga Rp 3 miliaran.



Simak Video "Melihat Supercar Honda NSX Teranyar "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)