Ini Makna Logo Brand-brand Mobil Dunia

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 26 Okt 2020 21:21 WIB
Suasana GIIAS 2019
Ilustrasi susana GIIAS Foto: Dok. Seven Events

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/mercedes-Benz. Foto: Pool (Autocar/internet)

11. Mercedes-Benz

Nama bagian Mercedes berasal dari putri pasangan Daimler Emil Jellinek (1853-1918). Benz berasal dari Karl Benz (1844-1929), pembuat mobil asli pertama. Saat kedua perusahaan bergabung pada tahun 1926, Mercedes-Benz lahir.

Logo tersebut berasal dari kartu pos yang dikirim pada tahun 1870-an oleh Gottlieb Daimler kepada istrinya, di mana dia menandai tempat tinggalnya dengan bintang bersudut tiga dan menulis di sana: "Suatu hari bintang ini akan bersinar di atas pabrik-pabrik kita yang berjaya." Ini pertama kali digunakan di mobil pada tahun 1910

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Mitsubishi. Foto: Pool (Autocar/internet)

12. Mitsubishi

Mitsubishi diambil dari makna, 'Mitsu' berarti tiga sedangkan 'Hishi' berarti caltrop air atau yang sering digunakan untuk menyebut belah ketupat atau intan. Orang Jepang sering membengkokkan bunyi "h" menjadi "b" saat muncul di tengah kata. Tanda tiga berlian dipilih oleh pendiri Yataro Iwasaki (1835-1885). Itu memanggil lambang tiga daun dari Klan Tosa, sebagai majikan pertamanya dan tiga belah intan bertumpuk dari lambang keluarga Iwasaki.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Nissan. Foto: Pool (Autocar/internet)

13. Nissan

Nama Nissan merupakan singkatan dari Nihon Sangyo (Japan Industries) yang merupakan induk perusahaan Datsun. Ketika Nissan mengganti Datsun di bagian belakang mobilnya pada 1980-an, logonya adalah nama perusahaan dalam persegi panjang biru melintasi lingkaran merah. Ini sebagai petunjuk bendera Jepang yang juga melambangkan Matahari Terbit. Logo Nissan diubah menjadi krom pada 1990-an untuk mewakili modernitas.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Porsche. Foto: Pool (Autocar/internet)

14. Porsche

Lambang Porsche secara intrinsik terkait dengan kota asal merek tersebut yang tertulis di bagian tengah. Di bawahnya adalah seekor kuda - 'Stuttgart' diterjemahkan dari bahasa Jerman Tua Kuno sebagai 'Stud Garden atau Taman Pejantan'.

Lambang dipotong empat yang mengelilingi kuda diambil dari lambang Negara Rakyat Merdeka W├╝rttemberg, yang didirikan setelah pembubaran monarki Jerman pada tahun 1918 dan Stuttgart adalah ibu kotanya.

Trio tanduk hitam di kiri atas dan kanan bawah berasal dari setidaknya abad ke-10, menandakan wilayah Swabia yang lebih luas, sedangkan garis merah dan hitam adalah milik Adipati W├╝rttemberg.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Volvo. Foto: Pool (Autocar/internet)

15. Volvo

Nama Volvo diambil dari bahasa Latin yang berarti 'I roll atau berputar. Logo lingkaran dengan panah menunjuk ke atas secara diagonal dan ke kanan berasal dari simbol Romawi untuk Mars, dewa perang. Karena itu, lambang itu kemudian juga berarti besi, karena senjata pada saat itu terbuat dari logam. Para pendiri Volvo telah berkecimpung di industri besi dan besi memiliki kualitas seperti kekuatan, keamanan, dan daya tahan yang mereka ingin tunjukkan pada mobil mereka.


(lth/din)