Minggu, 18 Okt 2020 19:10 WIB

Toyota Mirai Jadi Mobil Baru Paus Fransiskus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Mirai jadi mobil baru paus fransiskus Toyota Mirai jadi mobil baru Paus Fransiskus. Foto: Istimewa
Jakarta -

Selama bertahun-tahun, Paus Fransiskus telah menggunakan berbagai mobil yang menemaninya. Kini yang terbaru, Paus Fransiskus menggunakan mobil ramah lingkungan dari pabrikan Jepang.

Toyota mempersembahkan mobil ramah lingkungan Toyota Mirai yang dimodifikasi kepada Paus Fransiskus. Mobil ini merupakan hadiah dari Catholic Bishops' Conference of Japan (CBCJ).

Mobil hadiah ini merupakan satu dari dua Toyota Mirai yang dibuat khusus oleh Toyota untuk kebutuhan mobilitas Paus ketika kunjungan Paus ke Jepang pada November tahun lalu. Mobil ini dibuat khusus dengan bagian belakang yang terbuka untuk Paus selama parade.

Menurut Toyota, Popemobile ini memiliki ukuran panjang 5,1 meter dengan struktur tambahan 1,2 meter. Mobil ini memiliki tinggi 2,7 meter. Selain bodi yang dimodifikasi, bagian lain dari mobil tidak berubah. Mobil ini tetap ditenagai motor listrik bertenaga 152 daya kuda dengan torsi maksimal 335 Nm.

Sel bahan bakar mengisi baterai nikel-metal hydride 1,6 kWh. Terdapat dua tangki bahan bakar hidrogen yang akan menyuplai tenaga. Dengan begitu, mobil ini bisa berlari hingga 500 km ketika dua tangki tersebut terisi penuh hidrogen. Dari knalpotnya, tidak ada emisi yang dikeluarkan, melainkan hanya air.

Tidak seperti mobil untuk kalangan VIP lainnya, mobil untuk Paus ini tidak dilengkapi kaca antipeluru. Paus Fransiskus sendiri sebelumnya telah mengumumkan bahwa dia tidak akan menggunakan mobil antipeluru.

"Memang benar bahwa apa pun bisa terjadi, tetapi mari kita hadapi itu, pada usia saya, saya tidak memiliki banyak kerugian," katanya mengacu pada mobil antipeluru.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com