Kamis, 31 Okt 2019 09:12 WIB

Moge Harley Tanda Tangan Paus Fransiskus Dilelang

riar - detikOto
Foto: dok. Visordown Foto: dok. Visordown
Jakarta - Motor gede custom yang dijuluki "Holy Davidson" berada di rumah pelelangan Bonhams. Motor Harley-Davidson yang dibangun di Würzburg, Jerman ini dibubuhi tanda tangan Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus.

Motor tersebut dilelang di pelelangan Bonhams, untuk kemudian diserahkan kepada Pontifical Mission Societies, sebuah lembaga amal untuk misi kemanusiaan.


Nantinya hasil penjualan akan digunakan untuk membangun sebuah panti asuhan dan sebuah sekolah di Uganda dan untuk menyediakan tempat tinggal bagi anak-anak terlantar dan miskin.

Bonhams menjelaskan bahwa motor berkapasitas 1.570cc itu dibalut dengan warna putih pearlescent, ditambah dengan detail gaya Amerika Meksiko, aksesoris komponen berlapis emas, salib cekung dan bubuhan tanda tangan Paus Fransiskus di bagian tangki.

Moge Harley Tanda Tangan Paus Fransiskus DilelangFoto: dok. Visordown


Modifikasi itu dibuat atas saran Dr Thomas Draxler, pendiri kelompok Jesus Bikers. Ia meminta agar hasil modifikasi disumbangkan kepada lembaga amal.

Setelah motor dikustomisasi di Desa Würzburg, kemudian lanjut dibawa ke Vatikan dalam konvoi oleh Jesus Bikers untuk ditandatangani oleh Paus Fransiskus dalam sebuah upacara di Lapangan Santo Petrus pada bulan Juli.

Moge Harley Tanda Tangan Paus Fransiskus DilelangFoto: dok. Visordown


James Stensel, kepala Bonhams Collectors 'Motorcycles UK, menyebutnya sebagai "mesin yang luar biasa",


"Kami sangat bangga dipercayakan untuk menjual sepeda motor unik ini," ujar James.

Awalnya moge Harley yang dijuluki sebagai "White Unique" - diperkirakan akan dijual antara £ 50.000 dan £ 100.000 di pelelangan pada hari Minggu di Stafford.


Namun dikutip dari Visordown, harga motor "Holy Davidson" ini di bawah dari ekspektasi sebelumnya, pada pelelangan kali ini ditebus £ 42.000 atau sekitar Rp 760 jutaan.

Meski cukup tinggi, namun angka tersebut di bawah target sebelumnya. Diharapkan motor tersebut bisa laku terjual di kisaran 5 ribu hingga 10 ribu Poundsterling. Apalagi bila dibandingkan dengan yang ditandatangani Paus pada tahun 2014, motor gede tersebut bahkan mencapai hingga £ 208.399.

Simak Video "Cium Kaki Presiden Sudan Selatan, Paus Minta Jaga Perdamaian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com