Selasa, 06 Okt 2020 18:02 WIB

Toyota Klaim Penjualan Mobil Pulih Lebih Cepat, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aneka Logo Mobil, toyota, bmw, alpina, datsun, nissan Toyota mengklaim penjualan mobil mulai pulih. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Penjualan mobil secara global mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19. Kini, perlahan penjualan mobil mulai bangkit. Toyota mengklaim penjualannya mulai pulih lebih cepat daripada yang diprediksi.

Dalam pernyataan resminya, Toyota menyebut penjualan mobil sudah mencapai 90% dari penjualan tahun lalu. Bahkan, beberapa pasar utama mengalami kenaikan penjualan, bukannya turun.

Pasar China membantu peningkatan penjualan mobil Toyota. Di sana, penjualan mobil Toyota melonjak 27,2%. Mobil seperti Toyota Levin (Corolla dengan tampilan sport) dan Lexus ES menjadi tulang punggung Toyota di negeri itu. Secara keseluruhan, Toyota menjual 164.354 unit dalam satu bulan. Bahkan produksinya naik 15% di China.

Di sisi lain, penjualan mobil Toyota di kampungnya di Jepang masih turun 10,6%. Tapi, pabrikan tersebut masih bisa menjual 104.535 unit mobil baru di sana. Harrier baru membantu Toyota dalam pemulihan penjualan, bersama dengan Yaris dan Raize baru. Yaris terbaru bahkan menjadi mobil terlaris di Jepang pada Agustus, dan Raize menempati peringkat kedua.

Dari Januari hingga Agustus 2020, produsen mobil terbesar Jepang itu menjual 5.766.821 kendaraan, itu termasuk model Lexus, Daihatsu, dan Hino. Dengan serangkaian model baru, Toyota berharap dapat menjual mobil lebih banyak sebelum akhir tahun 2020.

Dipercaya, peluncuran mobil baru Toyota menjadi pemicu pemulihannya. Di Asia Tenggara, mobil baru seperti Fortuner--yang juga akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat--membantu peningkatan penjualan merek itu.

Di pasar lain, RAV4 masih menjadi crossover terlaris di Amerika Serikat, pasar yang sangat penting bagi Toyota. Juga, Yaris Cross sedang membuat heboh di Eropa.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com