Selasa, 06 Okt 2020 16:05 WIB

Fortuner Facelift Segera Meluncur di RI, Penjualan Versi Lawas Masih Moncer?

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Fortuner dan Hilux generasi terbaru Toyota Fortuner terbaru yang akan meluncur di Indonesia Foto: Toyota Thailand
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengkonfirmasi akan memboyong Fortuner Facelift ke Indonesia. Hadirnya penyegaran ini gara-gara model lawasnya sudah mulai ditinggalkan masyarakat Indonesia?

Mengutip data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di sepanjang Januari-Agustus 2020, penjualan Fortuner mengalami pasang surut, mengikuti kondisi pasar mobil nasional yang dihantam pandemi Corona. Secara total penjualan di sepanjang Januari-Agustus 2020, Fortuner mampu terdistribusi sebesar 7.341 unit. Hasil minus tak dipungkiri karena terpaan pandemi COVID-19, yang merontokkan penjualan.

Penjualan Fortuner pada tahun ini memang belum sebaik dua tahun sebelumnya, paling tinggi terjadi pada bulan Maret, Toyota Fortuner mampu mendistribusikan 1.818 unit. Data penjualan terbaru pada Agustus 2020, Fortuner bahkan tidak masuk daftar 20 mobil terlaris, sedangkan sang rival Mitsubishi Pajero Sport berada di posisi 16 dengan torehan 625 unit.

Trennya juga mengalami penurunan,SUV rakitan Karawang itu laku 21.459 unit selama 2018. Setahun berikutnya Fortuner menduduki tempat ke-18 sebagai mobil terlaris di Indonesia, Fortuner membukukan angka 17.208 unit pada 2019, menempel ketat dengan kompetitornya Mitsubishi Pajero Sport laku 18.238 unit.

Toyota masih menahan diri untuk melakukan penyegaran pada Fortuner, cukup lama sejak 2016 lalu. Adapun penyegaran berupa ubahan minim sempat diberikan, di sisi kosmetika khusus varian TRD pada pameran GIIAS 2019 lalu.

Toyota Fortuner facelift sudah diperkenalkan di Thailand. dan tidak lama lagi, mobil SUV (Sport Utility Vehicle) 7 penumpang andalan Toyota itu juga bakal rilis di Indonesia.

Lalu kapan pastinya mobil SUV ini dirilis di Tanah Air? Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi belum mau memberikan jawaban yang detail.

"Sedang persiapan," singkat Anton, dikonfirmasi detikOto, Selasa (6/10/2020).



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com