Jumat, 25 Sep 2020 07:09 WIB

Minat Beli Mobil Esemka Ini Harganya, Lalu Lokasi Servisnya?

Rosmha Widiyani - detikOto
Mobil Esemka baru Kemhan (Matius Alfons/detikcom) Foto: Mobil Esemka baru Kemhan (Matius Alfons/detikcom)/Minat Beli Mobil Esemka Ini Harganya, Lalu Lokasi Servisnya?
Jakarta -

Pabrikan mobil Esemka membuka layanan pemesanan online lewat situs resmi esemkaindonesia.co.id bagi peminat mobil yang diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah ini. Namun sebelum membeli mobil, konsumen biasanya akan mempertimbangkan harga dan layanan servis yang mudah diakses. Bagaimana dengan mobil Esemka?

Dalam situs resminya, PT. Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen mobil Esemka baru menampilkan produk Esemka Bima pikap dalam dua varian Bima 1.2 dan Bima 1.3. Arsip berita detikcom menyebutkan, mobil Esemka pada Agustus 2020 berada di kisaran harga Rp 125 on the road untuk penjualan di Pulau Jawa.

Dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020 yang ditetapkan Januari 2020 lalu menyebutkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Mobil Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 masing-masing Rp 83 juta dan Rp 91 juta.

Hanya saja, pembelian hanya bisa dilakukan dengan cash, tidak bisa dengan mekanisme cicilan yang biasanya tersedia. "Untuk sementara cash. Masih dalam membuka kerjasama dengan lembaga keuangan," kata Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (ESEMKA) Sabar Budi.

Menurut Sabar, konsumen mobil Esemka berasal dari sipil dan instansi yang membeli secara retail atau borongan. Sabar juga tidak menjelaskan lebih rinci soal kabar konsumen, penjualan, dan produksi mobil Esemka terbaru.

Hanya saja dalam lampiran Permendagri Nomor 8 Tahun 2020 disebutkan pula Esemka memproduksi mobil penumpang minibus dengan nama Garuda 1 2.0. Garuda 1 itu disebut memiliki NJKB sebesar Rp 265 juta dan DP PKB sebesar Rp 278,25 juta.

Terkait layanan purna jual seperti servis dan penjualan suku cadang, Sabar mengatakan produsen mobil Esemka telah menjalin kerja sama dengan PT. Unisat Oto Internasional. Mitra inilah yang menangani layanan servis, penjualan spare part, hingga marketing mobil Esemka.

"Purnajual di-handle dari Jakarta, oleh mitra kita PT Unisat Oto Internasional. Sparepart kita yang kirim ke mereka," kata Sabar. Hanya saja, Sabar tidak menjelaskan lokasi mitra produsen mobil Esemka tersebut di Jakarta.



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com