Rabu, 16 Sep 2020 17:40 WIB

Mengenal Teknologi Bawaan Mobil Tua Volvo yang Selamatkan Pengemudi saat Ditabrak SUV

Ridwan Arifin - detikOto
Fortuner-Volvo terlibat kecelakaan lalu lintas Volvo ditabrak SUV di Tol dalam kota Foto: Istimewa
Jakarta -

Bramedi Putra menceritakan pengalamannya ketika berhasil lolos dari cedera parah akibat disundul mobil Sport Utility Vehicles, Selasa (15/9) sore kemarin. Saat kejadian, dirinya sedang berada di dalam mobil Volvo 960 GL AT tahun 1997.

Ia mengaku bersyukur berada di dalam mobil yang tangguh meski usia mobil sudah di atas 20 tahun. Bramedi menceritakan salah satu faktor yang membuat dirinya selamat dari risiko cedera yakni fitur safety SIPS alias Side Impact Protection System, yang ada di mobil tua besutannya Volvo 960.

Secanggih apa sih fitur SIPS yang ada di mobil tua Volvo 960?

"Mobil saya kepelintir dua kali sempat balik arah, sudah diam, saya hidupin, saya putar balik mobil saya," kata dia.

"Karena memang di Volvo sendiri safety-nya sih ya, yang di saya seri 960 di tahun 1997 itu di seluruh body-nya kan ada side impact protection sistemnya, jadi kayak tulangan bajanya lebih kuat."

"Terus juga di dalam tadi saya berasa seat belt saya kan juga bagian dari SIPS system juga masih kerja, jadi saya sempat ke-tarik sama seat belt," kata dia saat dihubungi detikOto, Selasa (15/9).

Dikutip dari laman resmi Volvo, SIPS dibangun dari struktur unik di dalam pintu. Ini membantu mengurangi risiko cedera serius penumpang akibat tabrakan terutama dari samping.

SIPS terdiri dari struktur bodi, --besi dibentuk saling menyilang diagonal sehingga mirip sarang lebah-- dengan sejumlah fitur yang saling berinteraksi, semuanya membantu mendistribusikan gaya tabrakan ke sebagian besar bodi mobil untuk meminimalkan tekanan pada penumpangnya. Teknologi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991, termasuk di Volvo 960.

Teknologi tersebut kemudian dikembangkan menjadi fitur WHIPS yang ada pada mobil Volvo terbaru, seperti Volvo S80.

Beberapa waktu yang lalu, pemilik akun facebook Zefa Art menceritakan pengalamannya ketika berhasil lolos dari cedera parah akibat tertimpa truk. Zefa menjadi salah satu korban dalam kecelakaan truk kontainer di rest area KM 97 jalur B jalan Tol Cipularang (17/1/2020), mobilnya sudah terbenam fitur safety WHIPS alias Whiplash Protection System.

Melansir dari laman Volvo Cars, fitur WHIPS memberi perlindungan terhadap potensi cedera parah pada urat leher karena kepala tersentak. Sistem ini terdiri dari sandaran penyerap energi tabrakan dan sistem penahan kepala yang dirancang khusus di kursi depan.



Simak Video "Minibus Terbakar di Tol Cawang Arah Priok"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com