Selasa, 15 Sep 2020 15:48 WIB

Hyundai Tucson Terbaru Meluncur, Tampil Futuristik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Hyundai Tucson Terbaru Lebih Futuristik Hyundai Tucson. (Dok. Hyundai)
Seoul -

Hyundai baru saja merilis all new Tucson. Hyundai akan menjual Tucson mulai bulan ini di negara asalnya, Korea Selatan.

Dari segi tampilan, SUV asal Korea tersebut tampil semakin futuristik. Dari depan, sekilas mungkin anda mencari di mana keberadaan lampu utamanya. Uniknya, mobil ini memiliki lampu depan yang menyatu dengan grille berbentuk permata.

Tema desain kinetik berlanjut ke bagian belakang dengan lampu belakang yang mengisi lebar buritan mobil. Agar tak mengganggu keindahan desain lampu belakang, logo Hyundai dipindahkan ke bagian kaca belakang. Dan wiper belakang tersembunyi di bawah spoiler sehingga menyajikan tampilan yang lebih bersih.

Hyundai Tucson Terbaru Lebih FuturistikHyundai Tucson Terbaru Lebih Futuristik Foto: Dok. Hyundai

Secara keseluruhan, Hyundai Tucson baru memproyeksikan tampilan bergaya coupe. Beberapa permukaan bodi dipahat memiliki lekukan yang membuat tampilan mobil ini lebih futuristik.

Fender di atas roda yang agak mengotak memberikan tampilan yang berani dan dinamis. Selain desain, Hyundai mengatakan bahwa Tucson akan tersedia dalam versi sumbu roda pendek dan panjang, tergantung pada wilayah. Ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam.

Di bagian interiornya, Anda akan menemukan dasbor dengan desain berlapis yang ditata cukup rapi. Dengan garnish dua garis perak yang mengalir dari dasbor hingga ke pintu, membuat tampilan interiornya seakan berbentuk melingkar. Panel instrument digital yang menyajikan informasi seperti speedometer tak memiliki 'topi' seperti mobil pada umumnya.

Hyundai Tucson Terbaru Lebih FuturistikHyundai Tucson Terbaru Lebih Futuristik Foto: Dok. Hyundai

Sebagai fitur standar, ada panel layar ganda di tengah. Bagian atas berupa head unit, dan bagian bawahnya adalah pengaturan AC yang seakan menyatu dengan layar head unit.

Head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan dukungan Android Auto.

Hyundai juga melengkapi Tucson terbaru dengan sistem audio Bose Premium, pencahayaan ambient 64 warna yang dapat disesuaikan hingga 10 tingkat kecerahan serta fungsi multi-command yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur interior mobil dengan satu perintah suara.

Tucson memiliki Digital Key dari Hyundai, di mana smartphone berkemampuan Near Field Communication (NFC) dapat digunakan sebagai kunci pintar untuk mengunci/membuka kunci kendaraan, mengaktifkan peringatan panik dan menyalakan mesin. Dengan fitur tersebut, pengendaranya juga bisa mengatur suhu kabin dari luar hingga sejauh 28 meter. Jadi sebelum masuk mobil, suhu kabin sudah bisa disesuaikan sehingga lebih nyaman.

Fitur opsional yang tersedia di pasar tertentu termasuk sistem pemurnian udara dan fitur Car-to-home yang memungkinkan pengemudi untuk mengontrol peralatan smart home dari jarak jauh seperti lampu dan AC dari mobil sebagai persiapan sebelum tiba di rumah.

Di Korea, Hyundai Tucson ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Ada mesin bensin Smartstream 2,5 liter direct-injection empat silinder bertenaga 190 PS dan torsi maksimal 260 Nm dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Ada juga mesin hybrid atau plug-in hybrid dengan mesin 1.6 liter dan transmisi electric motor.

Hyundai Tucson Terbaru Lebih FuturistikHyundai Tucson Terbaru Lebih Futuristik Foto: Dok. Hyundai

Dalam hal fitur keselamatan, Tucson memiliki cukup banyak sistem canggih. Dengan rangkaian fitur keselamatan SmartSense dari Hyundai, mobil ini dilengkapi fitur-fitur seperti highway driving assist (HDA), forward collision-avoidance assist (FCA) with pedestrian detection, lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), dan blind-spot view monitor. Selain itu, ada juga sistem high beam assist dan surround view monitor.

Untuk saat ini, Hyundai Tucson terbaru baru dijual di Korea Selatan. Kemungkinan, pasar selain Korea Selatan baru kebagian jatah tahun depan. Penjualan global Hyundai Tucson akan dimulai dari paruh pertama 2021.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com