Selasa, 11 Agu 2020 18:44 WIB

Ioniq Kini Jadi Sub-Merek Hyundai, Siap Luncurkan 3 Mobil Listrik Baru

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil listrik konsep Ioniq 3 konsep mobil listrik Hyundai. Foto: Motor1
Jakarta -

Hyundai membuat sub-merek baru bernama Ioniq. Sebelumnya Ioniq merupakan merek mobil sedan ramah lingkungan Hyundai yang memiliki pilihan mesin hybrid, plug-in hybrid, dan full listrik. Setelah menjadi merek terpisah, Ioniq pun siap ngegas dengan meluncurkan 3 produk mobil listrik baru dalam empat tahun ke depan.

Dikutip dari Motor1, mobil pertama yang akan diperkenalkan merek baru ini adalah Ioniq 5. Mobil ini hadir dengan konsep crossover EV (Electric Vehicle) yang mengambil basis dari mobil konsep Hyundai 45. Ioniq 5 dijadwalkan meluncur awal 2021 mendatang.

Model mobil listrik berikutnya adalah Ioniq 6 yang mengambil basis dari mobil konsep Hyundai Propechy. Model ini direncanakan mengaspal pada 2022 nanti. Selanjutnya pabrikan Korea Selatan ini akan merilis Ioniq 7. Hampir sama dengan model pertama, Ioniq 7 akan mengusung desain ala mobil SUV yang gagah. Mobil ini direncanakan meluncur pada 2024 mendatang. Ke depan, skema penamaan numerik pada mobil Ioniq akan memiliki pola khusus, angka ganjil untuk SUV dan genap untuk sedan.

Sebagai sub-merek baru, Ioniq juga akan diistimewakan. Merek-merek mobil Ioniq akan mendapatkan platform baru yang disebut Electric Global Modular Platform (E-GMP). E-GMP memungkinkan pengisian cepat dan jangkauan mengemudi yang lebih jauh dibanding mobil listrik kebanyakan.

Hyundai juga mengatakan jika mobil listrik Ioniq terbaru akan dibuat secerdas mungkin, dengan kursi yang dapat disesuaikan, konektivitas nirkabel, dan fitur unik lainnya.

Bukan tanpa alasan Hyundai menjadikan Ioniq sebagai merek terpisah. Hal ini untuk mendukung strategi di tahun 2025, di mana grup Hyundai memiliki target menjual 560.000 kendaraan listrik (EV). Jika bisa mencapai target itu, grup Hyundai akan menjadi produsen mobil ramah lingkungan terbesar ketiga di dunia pada tahun 2025.

Strategi bisnis seperti ini bukan kali pertama dilakukan Hyundai. Sebelumnya pada 2015, Hyundai membuat sub-merek untuk kendaraan mewahnya dengan nama Genesis . Untuk diketahui sebelumnya Genesis merupakan merek mobil Hyundai dengan nama Genesis Coupe. Genesis dinaikkan statusnya menjadi sub-merek karena mobil ini cukup laris di pasaran Amerika Serikat.

Kini setelah berjalan lima tahun dari kelahiran brand Genesis, Hyundai melanjutkan strategi tersebut dengan memperkenalkan sub-merek baru bernama Ioniq, yang dikhususkan untuk produk mobil ramah lingkungan.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com