Kamis, 10 Sep 2020 16:32 WIB

Pssstt...Diam-diam Malaysia Sudah Bikin Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Listrik Nasional Malaysia Mobil Listrik Nasional Malaysia. (Dok. Paultan)
Kuala Lumpur -

Malaysia telah membangun konsep mobil listrik nasional. Salah satu perusahaan rintisan assal Malaysia, EV Innovations menggarap mobil listrik buatan lokal negeri itu.

Diberitakan Paultan.org, prototipe kendaraan listrik buatan Malaysia itu telah diciptakan. Konsep itu disebut MyKar yang pengerjaannya dimulai sejak Januari 2019.

Tampilannya mirip seperti Honda Jazz. Maklum, MyKar memanfaatkan pintu dan suspensi dari Honda Jazz, sehingga garis desain bodinya mirip dengan hatchback Honda tersebut. Tapi desain itu baru sebatas prototipe untuk keperluan pengujian.

Mobil listrik Malaysia ini akan menggunakan rangka ladder frame/sasis tubular yang dibuat oleh EV Innovations.

Mobil listrik dengan bobot 900 kg ini ditenagai dua buah motor listrik yang menggerakkan roda belakang. Mobil ini dilengkapi baterai berkapasitas 10 kWh yang terdiri dari 32 sel baterai China Aviation Lithium Battery (CALB) lithium-ion phospate (LiFePO4) seberat 100 kg.

Konsumsi energinya hanya 6,6 kWh per 100 km. Diklaim, mobil listrik Malaysia MyKar ini bisa menempuh jarak hingga 150 km sekali ngecas. Pengisian daya baterai hanya butuh waktu 3 jam.

Mobil listrik dengan kapasitas 10 kWh ini bisa menyemburkan tenaga setara 32 daya kuda dengan torsi maksimal 295 Nm. Kecepatan maksimum yang diklaim adalah 104 km/jam, akselerasi 0-100 km/jam bisa dilakukan dalam 16,7 detik.

Dilaporkan, perusahaan rintisan Malaysia itu telah menghabiskan investasi sebesar 600.000 ringgit (sekitar Rp 2,1 miliar) untuk biaya pengembangan MyKar. Perusahaan itu tidak ingin mengembangkan MyKar secara komersial, tetapi hanya melakukan penelitian dan pengembangan sistem kendaraan elektrik dan memanfaatkan kendaraan sebagai tempat pengujian untuk menampilkan kemungkinan teknologinya.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com