Rabu, 09 Sep 2020 13:59 WIB

Nissan Kicks Meluncur Jadi Hybrid Termurah, Ini Respons Toyota

Ridwan Arifin - detikOto
Review Nissan Kicks E-Power Nissan Kicks E-Power. (Rizki Pratama/detikOto)
Jakarta -

Nissan Kicks e-Power meluncur sebagai mobil hybrid termurah yang saat ini dipasarkan di Indonesia, mengalahkan Toyota yang selama ini lebih rajin merilis produk hybrid.

Sudah ada beberapa line up mobil Hybrid yang sudah ditawarkan Toyota. Di antaranya adalah Camry, Alphard, C-HR, Corolla Altis, dan termurah Corolla hybrid yang dibanderol Rp. 497.800.000. Sedangkan Nissan Kicks e-Power saat peluncuran dihargai Rp 449 juta.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menyebut kehadiran Nissan Kicks e-Power menggairahkan peta persaingan mobil hybrid di Indonesia.

"Hybrid positif sekali ya, sesuai dengan arahan pemerintah juga dan juga tren global. Elektrifikasi ini saya rasa Indonesia sudah saatnya punya banyak pilihan," kata Anton saat konferensi pers virtual, Selasa (8/9).

"Tidak hanya dari Toyota, kita rasa ini juga baik untuk mengedukasi konsumen di Indonesia tentang hybrid, meningkatkan pasar hybrid itu sendiri, saya rasa dengan begitu membuat ke depannya pangsa pasar hybrid bisa meningkat lagi," sambung dia.

Seperti diketahui Nissan Kicks e-Power akan berhadapan langsung dengan Corolla Cross, keduanya juga dibanderol tidak lebih dari Rp 500 juta. Tapi masing-masing menggunakan teknologi yang berbeda.

Kicks merupakan sebuah konfigurasi hybrid yang unik. Mobil bergaya Crossover ini menggunakan mesin hanya sebagai penghasil energi ke baterai listrik. Dari baterai, tenaga dikirimkan ke penggerak motor listrik yang ada di roda.

Mesin konvensional yang jadi penggerak itu adalah mesin tiga siliner 1.200 cc. Sementara itu penggerak motornya EM57 tipe AC3. Konfigurasi ini cukup untuk menghasilkan tenaga 129 ps dan torsi 260 nm.

Sedangkan Corolla Cross Hybrid memiliki mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.



Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com