Rabu, 09 Sep 2020 09:36 WIB

Banyak Putaran Balik di RI, Toyota Perbaiki Setir Yaris

Ridwan Arifin - detikOto
PT. Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris Terbaru, Selasa (8/9). Toyota Yaris Facelift 2020 Foto: Dok. Toyota Astra-Motor
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran terhadap mobil hatchback medium andalannya, Yaris. Salah satunya ialah memangkas radius putar lebih pendek sehingga membuat mobil lebih lincah.

Terbaru, Yaris memilik radius putar yang lebih pendek yakni 5,1 meter --sebelumnya 5,7 meter--, hal ini memudahkan konsumen saat parkir atau ketika melakukan putaran balik. Dijelaskan Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi, bahwa perubahan ini juga lahir dari masukan konsumen dan kondisi jalan di Tanah Air.

"Memang kita jelaskan kepada engineer prinsipal kita, di Indonesia ini banyak sekali kebutuhan melakukan u-turn (putar balik), jadi kalau teman-teman pernah ke Jepang itu u-turn jarang sekali, kebanyakan belok ke kanan atau ke kiri, tapi di Indonesia bisa dibilang setiap jalan ada u-turn," kata Anton saat konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Meski tidak dijelaskan secara detail, Anton menggambarkan ada tiga komponen yang menjadi perhatian pada Yaris terbaru ini, yakni Steering Wheel, Steering Column, dan Steering Gear.

"Radius putar ini memang perubahannya lebih banyak di pengaturan steering, jadi steering rasio diatur, supaya radius putar ini mencapai di angka yang cocok ," tambah Anton.

Secara dimensi, Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, dan jarak sumbu 2.550 mm. Serta memiliki pelek berukuran 16 inch, tidak berubah dari generasi sebelumnya yang memiliki wajah Joker.

Harga Toyota Yaris terbaru saat ini dibanderol paling murah Rp 263,4 juta untuk varan G transmisi manual dengan 3 Air Bag. Sementara varian termahal Yaris TRD CVT - 7 Air Bag Rp 301,4 Juta.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com