Rabu, 09 Sep 2020 10:43 WIB

Ssst.. Yaris GR dan Cross Bakal Merapat ke RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota GR Yaris Black GR Yaris Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota Motor Corporation (TMC) punya dua Yaris dengan versi berbeda, untuk spek balap GR Yaris, dan versi SUV Yaris Cross. Setelah Yaris terbaru melantai di Indonesia pada Selasa (8/9), akankah kedua model tersebut meluncur ke Tanah Air?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi belum bisa mengungkap lebih jauh tentang kehadiran dua mobil yang sudah diumumkan di Jepang tersebut.

"Mengenai produk saya tidak bisa komen banyak, produk baru ini kita selalu bicarakan dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa mengatakan sebelum memang diputuskan atau akan diluncurkan. Jadi baik dari Yaris GR dan Cross belum bisa komen dulu," kata Anton saat konferensi virtual, Selasa (8/9).

GR Yaris merupakan mobil berperforma yang dikembangkan dari ajang balap World Rally Championship (WRC) 2020. Mobil ini bakal resmi meluncur pada 16 September 2020 di pasar domestik Jepang.

Di balik bonetnya, GR Yaris varian paling tinggi dibekali mesin tipe G16E-GTS 1.618 cc turbo direct injection 3 silinder DOHC. Mesin ini bisa memuntahkan tenaga mencapai 200 kW dan torsi 370 Nm, yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan. Sistem penggeraknya sendiri 4WD.

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Response

Menyoal banderol, mobil itu dijual dengan rentang harga 2.650.000 Yen atau stara Rp 367,6 juta untuk (varian RS) hingga 4.560.000 Yen (Rp 632,6 juta) untuk tipe "High Performance".

Meski belum meluncur, Anton mengakui bahwa permintaan akan mobil tersebut sudah datang dari konsumen Toyota di Indonesia.

"Bicara Yaris GR pun secara global baru akan diluncurkan tanggal 16 September secara virtual. Pastinya sudah ada pertanyaan dan request dari dealer, konsumen, khususnya Yaris GR,"

Toyota mengumumkan peluncuran Yaris CrossToyota Yaris Cross Foto: dok. Toyota

"Khususnya konsumen yang memang latar belakangnya penggemar mobil racing atau mobil sport. Yaris GR ini memang menarik, karena Yaris GR ini didesain untuk mengikuti WRC, jadi ini mobil racing yang sangat menarik, konsumen juga banyak tertarik. Kita akan pelajari," sambung dia.

Sedangkan Toyota masih pikir-pikir terkait mendatangkan Yaris Cross. Mobil itu dijual mulai dari 1.798.000 yen hingga 2.815.000 yen (Rp 250 juta-Rp 390 juta).

Yaris Cross ditawarkan dengan beberapa pilihan. Ada yang menggunakan mesin bensin 1.5 liter Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi direct shift CVT, ada pula yang versi hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II. Versi mesin bensin ditawarkan opsi penggerak roda depan (FWD) dan 4WD. Sementara versi hybrid juga hadir dengan opsi FWD dan E-Four atau electric four wheel drive.

"Yaris Cross kita akan pelajari kira-kira gimana prospeknya," tutup Anton.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com