Rabu, 09 Sep 2020 08:03 WIB

Hatchback Kalah Pamor dari SUV, Yaris Cuma Ditarget Laku 500 Unit Per Bulan

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Yaris Toyota Yaris Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Toyota Yaris dengan tampang baru resmi meluncur di Indonesia, Selasa (8/9). Launching Yaris baru ini terjadi di tengah kondisi mobil hatchback kalah pamor dari mobil Sport Utility Vehicles (SUV).

Diakui Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi bahwa penjualan model hatchback memang mengalami penurunan, tapi angka penjualan masih tergolong tinggi.

"Kita bandingkan misalnya di tahun 2016 itu market hatchback dibandingkan total market itu komposisinya kira-kira 19 persen, waktu itu boleh dibilang di luar MPV, hatchback salah satu yang paling dominan," kata Anton saat konferensi pers virtual, Selasa (8/9).

Lanjut Anton, penurunan penjual mobil hatchback mulai tergerus mobil-mobil dengan genre SUV, seperti diketahui mobil SUV dikenal punya ground clearance yang tinggi serta kapasitas penumpang yang lebih banyak. Penjualan retail sales (dari dealer ke konsumen) mengalami penurunan hingga tiga persen dari 2016 ke 2019.

"Kemudian memang belakangan ini mulai tergantikan SUV, jadi SUV yang lebih meningkat komposisinya. Hatchback di 2019 komposisinya 16,1 persen. Jadi turun dari 19 persen ke 16 persen,"

"Kalau dikatakan menurun, memang betul ada penurunan komposisinya," ungkap Anton.

Meski demikian Toyota masih optimistis bahwa pasar hatchback masih memberikan kontribusi penjualan besar di industri otomotif. Untuk Yaris yang bakal bertarung dengan Honda Jazz serta Baleno ini ditargetkan laku terjual 500 unit per bulan.

"Tapi jumlahnya masih signifikan, saya rasa jumlah 15-16 persen, kalau kita lihat market tahun lalu misalnya 1 jutaan 16 persen, 160 ribu-lah kalau kita kali-kali secara langsung, sebulannya lebih dari 10 ribu unit," sambungnya.

"Yaris ini target kita jualannya 500 unit per bulan, mudah-mudahan bisa nambah lagi." ucap Anton.

Toyota hanya melakukan minor change pada Yaris. Selain tampang yang tak lagi memiliki wajah Joker, Yaris juga mengalami radius putar yang lebih pendek. Selain itu pada Yaris model terbaru ini konsumen bisa memilih jumlah airbag yang tersemat dalam mobil.

Harga Toyota Yaris terbaru saat ini dibanderol paling murah Rp 263,4 juta untuk varan G transmisi manual dengan 3 Air Bag. Sementara varian termahal Rp 301,4 Juta, yakni Yaris TRD CVT - 7 Air Bag.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com