Jumat, 03 Jul 2020 08:07 WIB

Mobil Roda Tiga Musuhnya Mr Bean Nggak Gampang Nyungsep

Ridwan Arifin - detikOto
Reliant Robin, mobil musuhnya Mr.Bean Reliant Robin, mobil musuhnya Mr.Bean Foto: tangkapan layar Instagram
Jakarta -

Pernah nonton serial komedi Mr.Bean? Selain mobil Mini Cooper klasik, ada 'musuh bebuyutan' mobil roda tiga yang selalu dibikin nyungsep oleh Mr.Bean saat bersinggungan di jalan.

Nah, mobil roda tiga itu adalah Reliant Regal garapan pabrik otomotif asal Inggris, Reliant Motor Company. Sementara mobil yang dikendarai Mr.Bean adalah Reliant Regal Supervan III.

Jeremy Clarkson -mantan presenter Top Gear-, pernah menjajal mobil roda tiga serupa, dan ia menyatakan sebenarnya mobil roda tiga Reliant tidak mudah terguling.

Ya, mobil yang dijajal Jeremy Clarkson adalah Reliant Robin, generasi penerus Reliant Regal dan sama-sama hanya menggunakan roda tiga.

Dalam tayangannya Jeremy Clarkson, Reliant Robin memang berkali-kali nyungsep ketika belok secara mendadak. Tapi hal ini sengaja dibuat untuk hiburan bagi penontonnya.

Dilansir Carbuzz, Jumat (3/7/2020) Clarkson menjelaskan ada sedikit modifikasi pada model Reliant Robin yang ia gunakan sehingga mudah terguling. Ini dilakukan sebagai keperluan hiburan.

"Reliant Robin yang normal tidak akan berguling kecuali tim rugby yang sedang mabuk mengendarainya. Untuk kepentingan hiburan, aku meminta anak-anak untuk mengubah sedikit diferensial-nya. Tentu, mobil ini akan mudah terguling setiap saya putar roda kemudi," jelas Klarkson.

Nah, belum lama ini seorang jawara dua kali Red Bull Hardline --kompetisi sepeda downhill-- Bernard Kerr pamer ketangguhan mobil Reliant Robin. Mobil roda tiga itu diajak off-road di hutan dengan jalur berlumpur Inggris sembari membawa dua sepeda di atasnya.

[Gambas:Instagram]



Hasilnya? Meski digeber-geber dan diajak ngebut, Reliant Robin tidak terguling juga.

Mobil ini pun menjadi simbol eksentrik bagi Inggris. Reliant Robin diproduksi sejak tahun 1973 hingga 1981. Secara spesifikasi, Reliant Robin dibekali mesin 4 silinder 850 cc, yang mampu memuntahkan tenaga 40 PS di 5500 rpm dan torsi maksimal 62 Nm di 5500 rpm dengan kecepatan maksimum 128 km/jam.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com