Senin, 06 Apr 2020 09:42 WIB

Cikal Bakal Julukan Godzilla karena Kebuasan Nissan GT-R

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Nissan GT-R R35 Nissan GT-R. Foto: Autoevolution
Jakarta -

Wakil Jaksa Agung RI Arminsyah tewas dalam sebuah kecelakaan yang terjadi di KM 13 Tol Jagorawi akhir pekan kemarin. Arminsyah saat itu diketahui mengemudikan mobil sport Nissan GT-R R35 bernopol B-9-PAF.

Nissan GT-R merupakan salah satu mobil sport bertenaga buas yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Karena kebuasan tenaganyalah Nissan GT-R mendapat julukan 'Godzilla'.

Nissan GT-R pertama kali mendapat julukan Godzilla pada puluhan tahun lalu. Banyak yang menyamakan mobil ini dengan sebuah monster dalam cerita fiksi Jepang, Godzilla atau dalam bahasa Jepang disebut Gojira.

Karakter fiksi Jepang itu menggambarkan reptil amfibi yang sangat besar. Karakter fiksi dapat mengeluarkan sinar panas nuklir berenergi tinggi, yang dikenal sebagai napas atom, dari mulutnya. Godzilla telah digambarkan dalam banyak film dan kartun di Jepang maupun di Hollywood.

Nissan GT-R dijuluki Godzilla. Nissan GT-R dijuluki Godzilla. Foto: Pool (Indianautoblogs)

Namun, dikutip dari berbagai sumber, gelar Godzilla untuk Nissan GT-R bukan datang dari Jepang, tapi dari Australia. Pada akhir '80-an, Australia menjadi negara pertama yang mendapatkan Nissan GT-R di luar Jepang. Generasi R32 yang diekspor Nissan GT-R ditenagai oleh mesin 2.6 liter twin-turbo. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan itu menghasilkan tenaga hingga 276 bhp dan torsi 361 Nm. Sebuah mobil yang cukup cepat pada masanya.

Pada ajang Australian Touring Championship, Nissan GT-R R32 berhasil melampaui lawan-lawannya termasuk Ford Sierra Cosworth. Nissan GT-R juga menyabet kesuksesan besar di Japanese Touring Car Championship.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com