Ini yang Bikin Mobil Diesel Jadul Kuat Libas Banjir

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 06 Jan 2020 17:43 WIB
Foto: Screenshot Instagram
Jakarta - Perkembangan teknologi mesin diesel di kendaraan penumpang membuat mobil lebih efisien dan bertenaga. Belum lama ini, viral sebuah angkot merek Panther berhasil menerjang banjir di Jatiasih, Bekasi.

Pada prinsipnya semua jenis mobil baik bensin ataupun diesel dapat melintasi banjir tanpa mogok dengan syarat jalur kelistrikan dan air intake-nya aman dari air.

Hal senada juga dituturkan pengamat otomotif Yannes Pasaribu yang juga dosen Institut Teknologi Bandung. Bahkan ia menyebut mesin diesel konvensional dengan teknologi yang masih sederhana dinilai lebih aman dalam melintasi banjir.


"Anggapan masyarakat bahwa mobil bermesin diesel lebih mampu menerjang banjir dibandingkan mobil bermesin bensin itu saat ini, sudah tidak pas lagi. Itu adalah fenomena lama, hanya dimiliki oleh mobil bermesin diesel konvensional," kata Yannes kepada detikcom melalui pesan singkat.

Mesin diesel kendaraan penumpang saat ini dikenal dengan direct injection dan common rail. Panther saat ini menggunakan mesin direct-injection diesel dengan kode 4JA1-L dengan Turbocharger.


Selanjutnya
Halaman
1 2