Jumat, 20 Des 2019 08:36 WIB

Masa Depan Manufaktur Girboks di Era Elektrifikasi

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Lexus
Jakarta - Cepat atau lambat kendaraan listrik diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan. Bukan hanya karena tren ramah lingkungan, tapi mau tidak mau mobilitas manusia harus mengandalkan energi terbarukan karena pasokan energi fosil suatu saat akan habis.

Peralihan penggunaan mobil bensin ke listrik sebenarnya merupakan sebuah langkah besar. Seperti diketahui dalam perakitan sebuah model, ada berbagai industri komponen pendukung yang turut bekerja sama.



Dalam elektrifikasi ini, salah satu komponen yang terancam masa depannya adalah girboks atau transmisi. Seperti diketahui sebagian besar implementasi penggerak kendaraan listrik tak lagi menggunakan girboks melainkan motor listrik langsung ke roda.

Salah satu manufaktur girboks dunia, ZF Aftermarket pun telah menyiapkan ancang-ancang untuk mengarah ke elektrifikasi. ZF sendiri telah mengembangkan girboks yang dikawinkan dengan motor listrik sebelum mengirimkan tenaganya pada roda.



"ZF mengembangkan produk yang untuk varian electric drive jadi kita menggunakan komponen paling robust yang paling efisien dari girboks manual ke motor listrik. Jadi motor listrik ZF nggak cuma motor yang menyalurkan tenaga langsung tapi ada juga girboks di dalamnya itu memastikan girboks bekerja dengan baik," ungkap Head of Service Business Development ZF Aftermarket Indonesia, Rizqi Zulqornain kepada detikcom di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com