Jumat, 29 Nov 2019 15:09 WIB

Teknologi Body Paint Ovenless, Bisa Ngecat Mobil Lebih Cepat

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Balikpapan - Inovasi dalam perawatan mobil tak hanya bisa dilakukan oleh industri otomotif, tapi juga bisa diinisiasi oleh diler. Contohnya seperti diler Auto2000 Balikpapan Sudirman yang mengembangkan teknologi body paint yang bisa menghemat waktu pekerjaan.

Teknologi body paint ini dinamakan ovenless. Perbandingannya, jika pakai oven konvensional (combi booth) waktu yang dibutuhkan mencapai 4 jam untuk mengecat satu panel, maka dengan teknologi ovenless, perlu waktu 8 jam untuk mengecat 3 panel.



Dijelaskan oleh Service Head Body & Paint Auto2000 Balikpapan, Wahju Prajitno, lewat teknologi ini, waktu pengeringan cat juga jauh lebih cepat. Perbandingannya jika mengecat dengan teknologi ovenless hanya perlu 15 menit, sementara jika pakai combi booth butuh waktu hingga 45 menit.

Teknologi Body Paint Ovenless, Bisa Ngecat Mobil Lebih CepatFoto: Luthfi Anshori


"Untuk kualitasnya, kemarin alat ini sudah dicek sama TAM (Toyota-Astra Motor) dan diperiksa level glossy-nya. Kalau level glossy keluaran pabrik itu ada di angka 85 persen. Sedangkan menggunakan alat (ovenless) ini itu angka glossy-nya di 94 persen. Jadi secara level glossy itu lebih bagus," jelas Wahju, di sela-sela agenda Auto2000 Media Exploration Kalimantan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jelang DWP, Yaris Gelar Event Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com