Minggu, 24 Nov 2019 18:26 WIB

Modifikasi Bertema Kebudayaan Mejeng di Avanza-Veloz Sebangsa Bekasi

Alfi Kholisdinuka - detikOto
Foto: Alfi Kholisdinuka
Bekasi - Di antara banyaknya mobil yang mejeng di sekitar festival Toyota Avanza-Veloz Sebangsa, ada satu mobil yang menarik perhatian warga Bekasi. Yaitu Avanza lansiran 2014 milik Rovi Arfian yang menjadi sorotan berkat konsep modifikasi bertema budaya daerah di Indonesia.

Hal itu cukup jelas terlihat pada bagian eksterior bodi yang dominan dengan warna ungu. Dengan cutting sticker yang rapi membaluti sekujur tubuh mobilnya dan ikon berbagai daerah seperti Aceh, Padang, Bali hingga Kalimantan.

"Konsepnya kebudayaan, karena saya sangat terinspirasi sama budaya Indonesia. Ini semua hasil dari perjalanan saya ke berbagai tempat di Indonesia," kata Rovi saat ditemui detikcom di Festival Toyota Avanza-Sebangsa, Minggu (24/11/2019).


"Jadi saya coba terapkan di mobil stiker saya ini kebudayaan Indonesia yang udah pernah saya tempuh dan kunjungi, makanya saya terapkan seperti ini, wonderful Indonesia. Sesuai benar-benar dengan Wonderful Indonesia," imbuhnya.

Rovi yang juga Ketua Komunitas Velozity Bekasi ini menuturkan untuk memberikan nuansa sporty kendaraannya ditambahkan body kit di bagian depan dan ruff box bagian atas. Ini berfungsi sebagai bagasi tambahan untuk menemaninya dalam melakakun perjalanan jauh.

"Saya tambahkan body kit per depan, terus velg juga saya up jadi ring 17, ban pakai 205 50 pakai GT Radial, head lamp saya udah ganti after market. Karena jiwa saya jiwa touring, saya tambahkan ruff box di atas sebagai bagasi tambahan, untuk menyimpan barang barang lainnya, ukurannya sekitar 500 liter," jelasnya.

Rovi bercerita saat dibawa ke Aceh dari Jakarta sekitar 2.700 km perjalanan. Tidak ada kendala serius yang dihadapinya, semua berjalan dengan nyaman

"Dari Jakarta ke Sabang itu 2.700 km pulang pergi 5.600 km masih nyaman aja. Ini mobil udah empat tahun jalan setengah tidak ada sama sekali trouble, tidak ada kendala sedikit pun kelistrikannya juga aman," ungkapnya.


Bahkan soal keiritan bensin, menurutnya Avanza terbilang yang paling irit. Bensin sekitar 500 liter dengan harga Rp 5 juta bisa kuat selama dua minggu atau 14 hari.

"Itu sudah semua, itu juga dengan keadaan mobil lebih sering hidup, bahkan saat jam istirahat mobil masih tetap hidup. Itu lumayan irit bagi saya," tandasnya.

Modifikasi Bertema Kebudayaan Mejeng di Avanza-Veloz Sebangsa Bekasi


Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com