Rabu, 30 Okt 2019 10:49 WIB

Laporan dari Jepang

Mobil LCGC Daihatsu Bisa Juga Pakai Fitur Parkir Otomatis?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Daihatsu Tanto di Jepang bisa parkir otomatis. Foto: Istimewa Daihatsu Tanto di Jepang bisa parkir otomatis. Foto: Istimewa
Shizuoka - Di Jepang, mobil kecil Daihatsu sudah dijejali fitur canggih, namanya fitur Smart Assist Plus yang sudah tersemat di mobil kecil Daihatsu Tanto. Ada beragam fungsi pada Smart Assist Plus, salah satunya adalah fitur bantuan parkir di mana setir bisa belok sendiri untuk parkir kendaraan.

Fitur Smart Assist di mobil Daihatsu terbagi dua. Pertama Smart Assist Basic yang di dalamnya terdapat fitur pre-collision warning (peringatan sebelum tabrakan), pre-collision assist brake (bantuan rem darurat sebelum tabrakan), lane departure alert (peringatan keluar lajur), lane departure assist, auto high beam, adaptive drive beam, sign recognition, mis-pedal operation control (pencegahan kecelakaan karena salah injak pedal), front departure alert, dan corner sensor. Kedua adalah Smart Assist Plus dengan tambahan fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Smart Panorama Parking Assist, Panorama Monitor, dan Side View Light.



Saat di Jepang, detikcom diberi kesempatan merasakan kecanggihan fitur Smart Assist Plus. Setidaknya tiga fitur dicoba, yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control dan Smart Panorama Parking Assist. Tapi, saat mencobanya kami hanya menjadi penumpang.

Adaptive Cruise Control berfungsi untuk menjaga jarak dengan mobil di depan dengan kecepatan dan jarak yang sudah ditentukan. Ada tiga pengaturan jarak, dekat, sedang dan agak jauh dengan mobil di depannya. Kalau mobil di depan melaju 60 km/jam, mobil yang kami tunggangi ikut melaju pada 60 km/jam tanpa harus menginjak pedal gas. Ketika mobil di depan mengurangi kecepatan, mobil kami juga ikutan mengurangi kecepatan.

Selanjutnya adalah Lane Keep Control (LKC). Fitur ini berfungsi agar mobil tetap di dalam lajur jalan. Kalau mobil keluar lajur, secara otomatis setir akan mengembalikan mobil ke dalam lajur jalan. Sistem akan membaca garis marka jalan.



Terakhir yang kami coba adalah Smart Panorama Parking Assist. Ini menjadi fitur bantuan untuk memarkir mobil, bisa parkir paralel maupun seri. Fitur ini memungkinkan pengemudi lebih mudah untuk memarkir kendaraan. Pengemudi tinggal ngegas, ngerem, dan pindah gigi maju/mundur, sisanya untuk bermanuver setir secara otomatis berputar sendiri.

Bisa diterapkan di LCGC?

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com