Selasa, 29 Okt 2019 09:17 WIB

Laporan dari Jepang

Fitur Canggih di Mobil Mungil Daihatsu, Bisa Parkir Otomatis

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa
Oyama - Daihatsu punya fitur canggih di mobil yang dijual di Jepang. Fitur yang biasanya ada di mobil mewah oleh Daihatsu disematkan di mobil mungil, kei car, yang di Jepang dijual lebih murah.

Salah satunya ada di Daihatsu Tanto terbaru. Ryo Kawawaki, Head Demand & Supply Section Sales Planning Dept. Domestic Market Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan ada beberapa fitur canggih di Tanto, ada yang namanya Smart Assist Basic dan Smart Assist Plus.

"Untuk Smart Assist Plus terdapat Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Smart Panorama Parking Assist, Panorama Monitor, dan Side View Light," kata Kawasaki-san di Fuji Speed Way, Oyama, Jepang.



Di Fuji Speed Way, di bagian luar sirkuit, kami mendapat kesempatan merasakan kecanggihan tiga fitur utama di Tanto, yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control dan Smart Panorama Parking Assist. Tapi, saat mencobanya kami hanya menjadi penumpang, meski begitu kami menjadi saksi bahwa mobil mungil Daihatsu pun bisa disematkan fitur canggih.

Fitur Canggih di Mobil Mungil Daihatsu, Bisa Parkir OtomatisFoto: Istimewa


"Adaptive Cruise Control secara otomatis mengikuti kecepatan mobil di depan dengan jarak yang ditentukan," kata Kawasaki.



Fitur ini berfungsi untuk menjaga jarak dengan mobil di depan dengan kecepatan dan jarak yang sudah ditentukan. Ada tiga pengaturan jarak, dekat, sedang dan agak jauh dengan mobil di depannya.

"Mobil mendeteksi mobil di depan yang melaju. Mungkin Anda pernah mengalami macet, gas, rem lagi, itu capek. Kalau pakai ACC tidak lelah. Kalau mobil di depan kosong, kita set kecepatan maksimal. Misal set 100 km/jam, maka mobil melaju 100 km/jam. Kalau ada mobil di depannya misalnya mobil di depan melaju 80 km/jam, maka mobil melaju 80 km/jam mengikuti mobil di depan juga meski diset 100 km/jam," ujar Kawasaki.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com