Minggu, 27 Okt 2019 14:12 WIB

5.000 Jimny Lahir Tiap Bulan, Berapa Jatah untuk Indonesia?

Mochamad Zhacky - detikOto
Foto: Mochammad Zhacky Foto: Mochammad Zhacky
Tokyo - Suzuki Motor Corporation (SMC) memproduksi kembali Suzuki Jimny yang terkenal di zamannya. Jimny generasi keempat itu hanya diproduksi di pabrik perakitan Kosai, Plant 2 yang terletak di Shirasuka, Shizuoka, Jepang.

Dalam sebulan, Suzuki bisa memproduksi lebih dari 5.000 mobil Jimny. detikcom beruntung bisa melihat langsung proses produksinya. Namun, hanya boleh mengabadikan momen saat proses final checking.


"Di pabrik Kosai ini setiap bulan memproduksi 5.250 unit (Jimny)," kata Kazuyuki Matsushita, supervisor di pabrik Kosai yang, Plant 2, Kamis (25/10/2019).

Kazuyuki mengungkapkan, untuk memproduksi 1 unit Jimny, baik Jimny Sierra maupun Kei Car, membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Hal tersebut bisa terjadi karena sebagian besar proses produksinya dikerjakan oleh robot.

5.000 Jimny Lahir Tiap Bulan, Berapa Jatah untuk Indonesia? Foto: Mochammad Zhacky


"Jika dihitung per proses, mulai dari stamping, welding assembling butuh waktu 3,4 menit," ungkap Kazuyuki.

Namun, Suzuki belum bisa apakah akan memproduksi Jimny di Indonesia.

"Sekarang rencana local produksi Jimny, kami tidak bisa berkomentar. Tapi kemarin, kalau jumlah Jimny lebih tambah-tambah, kami mempertimbangkan negara asing kecuali Jepang," ucap General Manager Indonesia and Thailand Automobile Department SMC, Satoshi Shimizu saat dikonfirmasi terpisah, di Hamamatsu, Jepang, Kamis (24/10).


Sebelumnya diberitakan, Suzuki membatasi pengiriman Jimny untuk Indonesia yakni hanya 50 unit setiap bulan. Melihat ketersediaan yang sulit dan permintaan tinggi sempat dikatakan bahwa masa inden mobil offroad mini itu mencapai waktu 4 tahun.

"Masih sampai 1-2 tahun, kita kroscek lagi yang sampai 4 tahun itu, tapi so far 1-2 tahunan," kata General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Ei Mochizuki kala ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(zak/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com