Selasa, 15 Okt 2019 13:38 WIB

Toyota Sudah Pikirkan Daur Ulang Baterai Mobil Hybrid

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil hybrid Toyota Foto: dok PT Toyota-Astra Motor Mobil hybrid Toyota Foto: dok PT Toyota-Astra Motor
Jakarta - Toyota resmi memperkenalkan mobil hybridnya dan terus memperlengkap lininya. Namun mobil ramah lingkungan ini bukan tidak memiliki kendala untuk bisa dipilih pencinta otomotif. Karena berbagai faktor mulai dari harga yang masih terbilang tinggi, hingga limbah baterai masih jadi perhatian para pencinta otomotif.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia, menjanjikan bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil hybrid tidak perlu khawatir akan limbah baterai yang terselip pada mobil hybrid. Karena Toyota sendiri sudah mulai bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan universitas untuk bisa mengelola limbah baterai.



"Saat baterai sudah terpakai, kita sudah pikirkan bagaimana kita mendaur ulangnya. Kita juga menjalin kerja sama dengan beberapa universitas untuk bisa mengolah baterai, dengan menjadikan panel surya dan untuk keperluan laboratorium dan lain-lainnya," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di Bali.

Toyota PriusToyota Prius Foto: dok PT Toyota-Astra Motor


"Selain itu, kami (Toyota-Red) juga sudah memulai pembicaraan kepada beberapa perusahaan agar bisa mengelola baterai kendaraan hybrid," tambah Anton.

Meski masih dalam tahap pembicaraan untuk bisa mengelola baterai mobil hybrid, Anton yakin dalam waktu 5 tahun ke depan akan banyak perusahaan pengelola baterai limbah kendaraan hybrid di Indonesia.



"Sekarang belum mungkin, dalam 5 tahun ke depan mungkin banyak (akan lahir perusahaan pengelola baterai). Kita belajar dari Thailand dan Jepang, serta ini sudah menjadi kewajiban kita sebagai perusahaan untuk memikirkan pengelolaan baterai limbah," ucap Anton.

Simak Video "Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com