Jumat, 27 Sep 2019 15:35 WIB

Wuling-DFSK Ikutan Ekspor, Mobil Buatan RI Makin Laris di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi pabrik Wuling di Indonesia Foto: M. Ridho Ilustrasi pabrik Wuling di Indonesia Foto: M. Ridho
Jakarta - Mobil merek China mulai menunjukan geliatnya di Tanah Air. Dua pabrikan China yang baru-baru ini meramaikan pasar otomotif Indonesia kini tak hanya memanfaatkan pabriknya untuk memproduksi mobil bagi masyarakat Indonesia, namun juga memenuhi kebutuhan di luar negeri.

Baru-baru ini misalnya, Wuling mulai mengirimkan mobil buatan pabriknya di kawasan Cikarang ke tiga negara yakni Thailand, Fiji, dan Brunei Darussalam. Di tiga negara tersebut SUV perdana Wuling, Almaz berubah menjadi Chevrolet Captiva. Buat yang belum tahu, Wuling dan Chevrolet memang berada di bawah naungan General Motors sehingga hal tersebut memungkinkan.



Pada tahap pertama ada sekitar 2.600 Almaz yang bakal dikirim ke tiga negara tersebut. Diharapkan, model-model lain Wuling bisa menyusul kiprah Almaz.

Selain Wuling, DongFeng Sokonindo (DFSK) pun akan menyusul. DFSK belum lama ini juga mengumumkan kerja sama dengan QSJ Motors Philippine untuk pengadaan kendaraan komersial ringan di Filipina.

Kedua perusahaan antar negara ini melakukan kerja sama untuk memperkenalkan, mendistribusikan, dan memasarkan 3.000 unit DFSK Super Cab 1.3 L Turbo Diesel yang didatangkan secara completely built-up (CBU) ke Filipina.



Jika tak ada aral melintang, 3.000 pick-up buatan Cikande itu mulai dikirim ke Filipina pada kuartal keempat tahun 2019.

Bertambahnya dua produsen yang mengirimkan mobilnya dari pabrik di Indonesia juga sekaligus menandai kalau mobil buatan RI makin laris di negeri orang. Sebelumnya sudah ada Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Hino, Suzuki, juga Hyundai yang tercatat lebih dulu mengirimkan mobil produksi dalam negeri ke mancanegara.

Dalam dua bulan terakhir, ekspor mobil RI memang mengalami peningkatan. Diharapkan pencapaian ekspor tersebut bisa terus bertambah.

Simak Video "Wuling Confero Dimodif Jadi Ambulans dan Mobil Klinik"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com