Selasa, 20 Agu 2019 12:03 WIB

Jadi Raksasa Otomotif Dunia, Ini Merek Mobil China yang Terlaris

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Geely. Foto: Paultan Mobil Geely. Foto: Paultan
Jakarta - China mengukuhkan dirinya sebagai negara dengan produksi mobil terbesar di dunia. Berdasarkan data yang dirilis Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA), dalam kurun waktu satu tahun China mampu memproduksi hingga 27,8 juta unit mobil baik itu di segmen penumpang maupun komersial.

Industri otomotif China memang berkembang sangat pesat. Banyak produsen otomotif baru yang ingin mencicipi manisnya memproduksi mobil di Negeri Tirai Bambu tersebut. Tercatat setidaknya ada lebih dari 20 merek otomotif memproduksi di sana.


Penjualan mobil di China pun cukup didominasi oleh merek-merek lokal. Merek apa yang terlaris di sana ya?

Mengutip situs Auto Car, merek Geely masuk dalam jajaran merek China terlaris. Perusahaan Geely saat pertama kali berdiri tahun 1986 tak langsung memproduksi mobil, melainkan kulkas. Kemudian perlahan-lahan Geely mulai memproduksi sepeda motor hingga akhirnya mendapat persetujuan dari otoritas setempat untuk membuat mobil penumpang. Saat pertama kali memproduksi mobil, Geely mengusung platform Daihatsu Charade.

Di bawah Geely ada Changan Automobile Group. Dulunya, Changan justru menyuplai kendaraan militer. Namun saat ini Changan memproduksi mobil bersamaan dengan merek Hefei di bawah merek bernama Chana. Saat ini Changan juga menjalin kerja sama dengan merek-merek Jepang hingga Eropa seperti DS Automobiles, Ford, Mazda, Peugeot-Citroen, dan Suzuki.


Dongfeng Motor Corporation juga merupakan salah satu merek besar di China. Dongfeng saat pertama kali masuk di industri otomotif memproduksi truk berukuran besar. Hingga akhirnya ada reformasi ekonomi pada tahun 1978, Donfeng beralih memproduksi mobil penumpang. Di China, Dongfeng saat ini berkolaborasi dengan Honda, Kia, Infiniti, Nissan, PSA, dan Renault.

Di China, nama Beijing Automotive Industry Holding Company (BAIC Group) cukup tenar karena merupakan merek perdana yang menjalin kerja sama dengan pabrikan luar yakni American Motors Corporation untuk memproduksi Jeep di sana. Kesuksesan BAIC Group dengan menggaet pabrikan luar membuat Hyundai dan Daimler juga kepincut untuk bekerja sama.


Menutup tempat kelima besar ada merek Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Mobil pertama yang diproduksi SAIC adalah Fenghuang pada tahun 1958. Mobil itu diproduksi mengusung basis Mercedes-Benz 220S yang dimodifikasi di bagian depan dan belakangnya.

Rupanya mobil tiruan itu cukup berhasil membuat pejabat pemerintah tingkat kedua setempat kepincut untuk menjadikannya mobil dinas.

Simak Video "Kiprah Mobil China di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com