Jumat, 16 Agu 2019 11:20 WIB

Toyota dan Daihatsu Lahirkan Mobil Listrik Bareng?

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi pabrik Toyota Foto: M Luthfi Andika Ilustrasi pabrik Toyota Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Seperti diketahui Toyota Astra Motor mendapatkan pasokan kendaraannya dari dua pabrik, yakni Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Astra Daihatsu Motor (ADM). Namun, berbicara mobil listrik rakitan Indonesia tampaknya belum ada kepastian apakah kerja sama ini berlanjut atau tidak.

"Saya ngga bisa bilang iya tapi ngga mungkin juga bilang engga. Tapi memang kita juga beli dari Daihatsu, sebagian besar produk kita datang dari ADM juga," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan.



"Sebenarnya dari TAM banyak sekali sumbernya apakah itu dari pabrikan TMMIN apa dari ADM belum ada kepastian tapi bisa aja terjadi dari pabrik manapun," imbuhnya.

Untuk saat ini sendiri bisa dikatakan pabrik Toyota di Indonesia belum memiliki kapasitas untuk produksi mobil listrik di Indonesia. Meski begitu Anton cukup yakin dapat segera dilaksanakan demi mencapai target elektrifikasi 20 persen pada tahun 2025.



"Kita bilang sekarang siap ya belum, tapi kita tentu saja sedang mempersiapkan ke arah sana," katanya.

Dengan perpres saat ini berarti Toyota harus siap merakit mobil listrik pada tahun 2021 dengan TKDN 35 persen.

"Awal-awal 35 persen still ok tapi ada target berikutnya makin besar. Udah pasti kita butuh dalam domestik pabrikan atau produksi untuk baterainya sendiri," tandasnya.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com