Selasa, 13 Agu 2019 12:01 WIB

Di Kota Ini Layanan Drive-Thru Dilarang Demi Tekan Polusi Udara

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi layanan Drive-Thru. Foto: Istimewa Ilustrasi layanan 'Drive-Thru'. Foto: Istimewa
Minneapolis - Polusi udara tengah menjadi fokus di berbagai negara. Banyak cara dan upaya dilakukan demi menekan polusi udara yang disebut-sebut kian memburuk. Ada yang melarang mobil tua melintas, ada juga yang mendorong warganya untuk menggunakan transportasi umum dan lainnya.

Tapi yang unik justru diterapkan otoritas di kota Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Otoritas setempat bakal melarang restoran cepat saji membuka layanan 'Drive-Thru'.


Aturan itu sengaja diterapkan dengan tujuan untuk mengurangi emisi kendaraan. Saat para pengendara menggunakan layanan 'Drive-Thru' kondisi kendaraan dalam keadaan menyala, sehingga dianggap dapat menyumbang polusi yang cukup besar seperti diberitakan Motor1, Selasa (13/8/2019).

Selain itu pelarangan layanan 'Drive-Thru' juga diberlakukan untuk melindungi warga sekitar dari para pengendara. Otoritas setempat meyakini layanan 'Drive-Thru' ini sangat membahayakan bagi para pejalan kaki. Ditambah lagi untuk membuka layanan 'Drive-Thru' restoran membutuhkan jalan tambahan agar mobil bisa keluar masuk dengan nyaman.

Banyaknya jalan keluar-masuk untuk layanan 'Drive-Thru' juga dinilai dapat berisiko menimbulkan kecelakaan.


Konsentrasi pengemudi juga disebut mudah terganggu ketika masuk dan keluar dari lokasi 'Drive-Thru'.

Aturan demi mengurangi emisi ini merupakan bagian dari rencana kota Minneapolis tahun 2040. Aturan lain yang tengah digodok demi mengurangi polusi adalah menutup beberapa tempat pengisian bensin dan juga aturan parkir.

Simak Video "Data AirVisual Minggu Pagi, Udara Jakarta Tidak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com