Jumat, 09 Agu 2019 13:42 WIB

Ini Keandalan Mobnas Malaysia yang Ditumpangi Presiden Jokowi

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Jokowi dan Mahathir (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Jokowi dan Mahathir (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo berkesempatan melihat mobil nasional Malaysia, Proton, dalam kunjungannya ke negara tersebut. Ia didampingi Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Tak lama setelah itu, Jokowi menaiki mobil sedan berwarna merah bersama Mahathir.

Dalam cuplikan video yang diterima detikcom mobil yang ditumpangi Jokowi itu diduga merupakan Proton Persona. Seperti apa spesifikasinya?

Dari segi mesin, Proton Persona dibekali dapur pacu 1.597 cc, 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVT. Mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga puncak hingga 80 kW pada 5.750 rpm. Melansir laman resmi Proton Malaysia mesin tersebut punya dua pilihan transmisi, MT dan CVT. Transmisi manualnya 5 percepatan dan untuk CVT ada pilihan Standar, Eksekutif, dan Premium. Mesin tersebut, juga sudah menganut pengabutan bahan bakar injeksi, dan tangki mobil ini sanggup memuat 40 liter bahan bakar.



Secara dimensi, Proton Persona memiliki panjang 4.362 mm, lebar 1.722 mm, dan tinggi 1.554 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 1.490 mm. Mobil ini punya berat 1.154 kg (MT), 1.174 kg (CVT Standar), 1.188 (CVT Eksekutif), dan 1.193 kg (CVT Premium).

Dari sisi fitur, Proton Persona sudah memiliki Elestric Power Steering (EPS), head unit double din, dengan pilihan layar LCD dan TFT, khusus untuk varian CVT Eksekutif dan CVT Premium, sudah mendapat layar sentuh 7 inci. Mobil ini juga sudah dibekali Eco Drive Assist dan power windows.



Sementara dari segi keamanan, semua tipe sudah dilengkapi SRS Airbag depan, dan SRS Airbag Samping dan Tirai khusus untuk varian CVT Premium. Tak hanya itu, semua tipe sudah dibekali ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Brake Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), HHA (Hill Hold Assist), dan sensor parkir depan dan belakang. Selain itu, semua tipe juga sudah dilengkapi immobilizer dan Anti Theft Alarm.

Proton Persona punya pilihan warna maroon rosewood, snow white, armour silver, jet grey, dan ruby red. Soal harga, masing-masing tipe dibanderol RM 42.600 (Rp 144,3 juta) untuk varian MT, RM 44.600 (Rp 151 juta) untuk varian CVT Standar, RM 49.600 (Rp 167,9 juta) untuk varian CVT Eksekutif, dan RM 54.600 (Rp 184,8 juta) untuk varian CVT Premium.

Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Jalin Kemesraan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com