Jumat, 19 Jul 2019 16:41 WIB

Mobil Listrik Harus Punya Suara

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tidak seperti mobil konvensional, kendaraan listrik sangat senyap. Perihal tersebut Kementerian Perhubungan sudah mempertimbangkannya. Mobil listrik harusnya punya suara.

Hal ini diungkapkan Kasi Sertifikasi Tipe Kendaraan Bermotor Kemenhub, Jabanor di Jakarta. Jabanor melanjutkan semua uji tipe kendaraan listrik memberi masukan pada pemerintah agar poin-poin regulasi sepeda motor atau mobil listrik mengacu pada standar internasional.



"Kesiapan dari Kementerian Perhubungan kami sudah memberikan masukan sesuai PM 33 tentang pengujian kendaraan bermotor, jadi April 2020 kami harus sudah menyiapkan regulasi terkait pengujian kendaraan bermotor listrik," ujarnya

"Dalam penyusunan peraturan menteri pengujian kendaraan bermotor listrik kami referensinya UNR 100 untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Kemudian UNR136 untuk kendaraan bermotor roda dua, dan ditambah juga suara dari UNR 138 ," jelasnya.



Lebih lanjut dalam pemaparan, Jabanor mengatakan bahwa salah satu uji tipe kendaraan listrik di Indonesia setiap kendaraan harus memiliki suara.

"Kita ketahui bahwa kendaraan listrik tidak menghasilkan suara nah ini dipersyaratkan menghasilkan suara, tambahan dari kita tidak boleh menyerupai suara hewan, sirine, musik, kalaupun negara lain tidak dipersyaratkan sepertinya kita harus mempersyaratkan," ujar Jabanor.

"Target kami implementasi regulasi mudah-mudahan selesai tahun ini barangkali dua bulan ke depan yang sekarang kami finalisasi," jelasnya.

Simak Video "Mobil Dinas Presiden Bisa Pakai Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed