Rabu, 10 Jul 2019 14:38 WIB

Mitsubishi Nekat Jual Mobil PHEV Tanpa Insentif

Rizki Pratama - detikOto
Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Rizki Pratama/detikOto Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Sampai saat ini pemerintah belum mengetuk palu untuk aturan mobil listrik di Indonesia. Meskipun secara global sudah banyak mobil listrik dipasarkan, tak banyak produsen yang berani menjual mobil listriknya di tanah air.

Mitsubishi pun terbilang nekat mendatangkan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) ke Indonesia. Alhasil mobil yang membutuhkan charging unit untuk beroperasi ini dilabeli harga Rp 1,3 miliar.



"Estimasi harga itu sudah memasukkan tarif yang memang sudah dihitung jadi termasuk impor dan PPnBM. Terutama karena itu komponen yang berkontribusi besar terhadap harga," ujar Director of Sales Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Irwan Kuncoro dalam peluncuran Mitsubishi Putlander PHEV di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2019), malam.

Nyatanya Mitsubishi Outlander PHEV memang bukan ditujukan untuk penjualan massal saat ini. Menurut Irwan, Outlander PHEV didatangkan untuk menginisiasi dan merangsang pertumbuhan pasar mobil listrik di Indonesia.

"Ini bukan produk untuk mass volume jadi ini lebih bagaimana Mitsubishi berinisiatif memulai new energy vehicle lebih dulu dibanding merek lain," papar Irwan.



Selain harganya yang tembus Rp 1 miliar tersebut mobil ini juga masih dijual di dua wilayah jaringan Mitsubishi. Saat ini Outlander PHEV baru tersedia di Jakarta dan Bali. Jakarta dipilih karena prioritas ibukota sedangkan Bali sebagai tempat yang baik mempromosikan kendaraan ramah lingkungan kepada wisatawan.

"Banyak argumen terjadi sebelum memutuskan untuk memasarkan PHEV. Untuk langkah pertama kita tunjuk diler Jakarta dan Bali. Jakarta karena ibukota jadi harus jadi prioritas utama. Bali memanfaatkan turis yang datang dan bagus untuk promosi PHEV," tutur President Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura usai meluncurkan Outlander PHEV di Indonesia.

Mitsubishi Outlander PHEV Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Lamhot Aritonang




Sementara ini harga Outlander PHEV masih mengikuti aturan PPnBM dan impor yang berlaku. Ada kemungkinan angka tersebut menyusut ketika segala regulasi dan insentif mobil listrik resmi dirilis pemerintah.

Simak Video "Menjajal Outlander PHEV, Mobil Ramah Lingkungan Mitsubishi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com