ADVERTISEMENT
Kamis, 20 Jun 2019 16:37 WIB

Pasar Turun, Toyota Masih Sanggup Jual Hampir 30.000 Unit Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Avanza Foto: Rengga Sencaya Toyota Avanza Foto: Rengga Sencaya
Jakarta - Selama beberapa bulan ini, penjualan mobil tengah mengalami penurunan di Indonesia. Hal ini juga dirasakan Toyota, namun meski begitu, penjualan mobil mereka masih berada di level yang cukup kencang.

Berdasarkan data yang diterima dari Toyota, penjualan mobil Toyota sepanjang bulan Mei lalu mencapai 29.128 unit. Dengan tambahan bulan Mei, maka penjualan Toyota sepanjang Januari-Mei sudah mencapai 135.818 unit. Sebagai perbandingan bulan Mei tahun lalu Toyota menjual 29.013 unit. Sementara bulan April 2019 Toyota menjual mobil sedikit lebih banyak yakni 29.424 unit.



"Pangsa pasar kami mencapai 32 persen, sampai Mei, padahal targetnya sekitar 30-31 persen. Meski market sharenya naik, tapi volumenya turun, pasarnya memang turun karena kita lihat ada kombinasi Pilpres dan faktor ekonomi dimana harga komoditas masih mengalami penurunan. Semester kedua kami harap lebih baik," ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto di Jakarta.



Mobil-mobil MPV seperti Avanza masih menjadi penggerak dapur Toyota dengan penjualan mencapai 7.362 unit. Disusul Rush 6.311 unit, Toyota Kijang 3.916 unit. Calya di urutan berikutnya dengan 3.877 unit. Agya dan Fortuner menyusul dengan penjualan masing-masing mencapai 2.455 unit dan 2.095 unit.

Toyota berharap semester kedua nanti ada perbaikan volume pasar, mengingat ada helatan besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show. "Bulan
Juli ada GIIAS semoga bikin market bergairah," ujarnya.



(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com