Sabtu, 01 Jun 2019 17:03 WIB

Laporan dari Madrid

Awas, Mobil Tua Tidak Bisa Lewat di Pusat Kota Madrid

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Suasana lalu lintas di kota Madrid Foto: Dadan Kuswaraharja Suasana lalu lintas di kota Madrid Foto: Dadan Kuswaraharja
Madrid - Sebagai upaya menciptakan udara yang biru di kotanya, pemerintah Madrid sudah melarang peredaran mobil bensin dan diesel di pusat kota Madrid.

Di Madrid saat ini ada area rendah emisi seluas 472 hektar. Di area ini, mobil berbahan bakar bensin buatan sebelum tahun 2000 atau mobil diesel sebelum 2006 dilarang lewat. Madrid ingin mengurangi level nitrogen oksida sampai 23 persen di 2020.


"Hanya kendaraan dengan emisi nol seperti mobil listrik yang diperbolehkan lewat," ujar Divisional General Manager of Marketing Communications, Connected Car Services, Customer Experience Nissan Europe Gareth Dunsmore, di Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/2019).

Aturan itu diberlakukan sejak akhir November tahun 2018 lalu.

Suasana kota MadridSuasana kota Madrid Foto: Dadan Kuswaraharja


Namun pemerintah Madrid masih memberi keleluasaan buat warga yang tinggal di daerah situ. Kendaraan lama yang dimiliki warga di area itu masih diperbolehkan lalu lalang. Hanya saja untuk warga lainnya tidak boleh.

Awas, Mobil Tua Tidak Bisa Lewat di Pusat Kota MadridFoto: Dadan Kuswaraharja


"Untuk mendorong pengembangan mobil listrik, Madrid juga sudah memasang lebih dari 110 stasiun pengisian baterai di seluruh kota," ujarnya.


Nissan sendiri saat ini sudah menyediakan armada mobil listrik yang dipakai selama penyelenggaraan final Liga Champions di Madrid. "Kami sangat senang bisa menawarkan pengunjung pengalaman transportasi nol emisi di jalanan Madrid, kota yang menjadi kota terdepan dalam revolusi kendaraan listrik," ujarnya. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com