Selasa, 14 Mei 2019 03:15 WIB

Penjualan Mobil di China Sebulan Setara dengan Setahun Lebih di RI

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil yang dipasarkan di China Foto: REUTERS/Aly Song Mobil yang dipasarkan di China Foto: REUTERS/Aly Song
Beijing - Pasar mobil China selama beberapa tahun terakhir selalu menjadi yang terbesar di dunia. Bayangkan saja angka penjualan mobil di China dalam sebulan melebihi angka penjualan mobil selama setahun di Indonesia.

Di bulan April lalu, penjualan mobil di China mencapai 1,98 juta. Di Indonesia, produsen mobil sudah ngos-ngosan mengejar angka sejuta unit saja. Meski mencapai 1,98 juta, angka penjualan mobil China itu tergolong turun jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Menurut Reuters, angkanya turun 14,6 persen. Itu berarti ada penurunan konstan selama 10 bulan berturut-turut.



Menurut China Association of Automobile Manufacturers (CAAM), Gaikindo-nya China, masyarakat China banyak yang menunda pembelian kendaraan karena berharap ada kebijakan pemerintah yang lebih ramah pada pembeli. Selain itu penjualan mobil juga mengalami penurunan karena ada perang dagang dengan Amerika Serikat.

Faktor lain yang melemahkan penjualan adalah penerapan standar emisi baru yang dipercepat di beberapa provinsi China. Kendaraan yang dirilis harus memiliki angka emisi yang lebih rendah.

Namun di saat penjualan mobil melemah, pabrikan Jepang seperti Toyota dan Lexus malah mengalami kenaikan sampai 20 persen. Padahal merek China seperti SAIC dan partner VW serta GM di China, malah turun 16,8 persen.

"Mobil-mobil Jepang memiliki produk-produk yang lebih siap menghadapi standar emisi baru. Di saat yang bersamaan mereka menawarkan lebih banyak produk dengan harga terjangkau," ujar seorang pejabat CAAM.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed