Minggu, 13 Jan 2019 10:17 WIB

Laporan dari Jepang

Kasus Carlos Ghosn Bikin Orang Jepang Pikir-pikir Beli Nissan

Dina Rayanti - detikOto
Carlos Ghosn. Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo Carlos Ghosn. Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo
Tokyo - Kasus tertangkapnya bos Nissan, Carlos Ghosn, memang sangat menghebohkan dunia otomotif. Terutama di negeri matahari terbit Jepang. Penangkapan terhadap dugaan penggelapan pajak itu pun cukup berpengaruh dalam kepercayaan warga Jepang terhadap Nissan.

"Orang Jepang itu kalau udah merugikan rakyat action-nya cepat, misalnya kayak kejadian Nissan mereka jadi pikir-pikir kalau mau beli mobilnya," kata salah satu tour guide yang sudah puluhan tahun tinggal di Jepang, Hasan, Sabtu (12/1/2019).



Penangkapan Ghosn memang cukup mengejutkan. Ghosn sendiri dikenal sebagai tokoh yang membangkitkan Nissan saat berada dalam kondisi terpuruk.

"Orang Jepang banyak yang nggak menyangka dia menggelapkan pajak soalnya orang Jepang patuh bayar pajak. Itu (penangkapan Ghosn) jadi berita besar tahun 2018," kata Hasan lagi.



Buat Otolovers yang belum tahu, Ghosn dituduh tidak melaporkan pendapatannya dengan utuh.

Eksekutif berusia 64 tahun itu juga telah ditangkap atas tuduhan pelanggaran kepercayaan dalam mengalihkan kerugian investasi pribadi senilai 1,85 miliar yen atau setara USD 17 juta kepada Nissan.

Namun hingga saat ini Ghosn masih mengelak semua yang dituduhkan kepadanya. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com